• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bank Tabungan

"Bank yang sumber dana utamanya berasal dari tabungan dan dalam usahanya terutama memperbungakan dananya dalam surat-surat berharga yang berperingkat baik (saving bank)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bank Tabungan?

Lembaga keuangan yang mengumpulkan tabungan, membayar bunga atau dividen kepada penabung. Ini menyalurkan tabungan individu yang ingin mengkonsumsi kurang dari pendapatan mereka kepada peminjam yang ingin menghabiskan lebih banyak. Fungsi ini dilayani oleh departemen simpanan bank umum, bank tabungan bersama atau bank simpanan wali amanat (bank tanpa modal yang pendapatannya hanya diperoleh dari penabung), asosiasi simpan pinjam, serikat kredit, sistem pos, dan bank tabungan kota . 

Kecuali untuk bank umum, lembaga-lembaga ini tidak menerima setoran giro. Sistem tabungan pos dan banyak lembaga tabungan Eropa lainnya menikmati jaminan pemerintah; tabungan diinvestasikan terutama pada sekuritas pemerintah dan sekuritas lain yang dijamin oleh pemerintah. Bank tabungan seringkali berasal sebagai bagian dari upaya filantropis untuk mendorong tabungan di antara orang-orang dengan cara sederhana.

Perhitungan Bunga Bank Tabungan

Metode Saldo Terendah.

Besarnya bunga tabungan dihitung dari jumlah saldo terendah pada bulan laporan dikalikan dengan suku bunga per tahun kemudian dikalikan dengan jumlah hari pada bulan laporan dan dibagi dengan jumlah hari dalam satu tahun. Misalnya untuk menghitung bunga pada bulan Mei, maka besarnya bunga dihitung: Bunga tabungan = .... % x 31/365 x saldo terendah pada bulan Mei.

Metode Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Rata-Rata.

Pada metode ini, bunga dalam satu bulan dihitung berdasarkan saldo rata-rata dalam bulan berjalan. Saldo rata-rata dihitung berdasarkan jumlah saldo akhir tabungan setiap hari dalam bulan berjalan, dibagi dengan jumlah hari dalam bulan tersebut.

Metode Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Harian.

Pada metode ini bunga dihitung dari saldo harian. Bunga tabungan dalam bulan berjalan dihitung dengan menjumlahkan hasil perhitungan bunga setiap harinya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Primer

“Bank yang dapat menciptakan uang dengan meningkatkan perkreditan sampai dengan tingkat tertentu tanpa dipengaruhi dana yang dihimpunnya; di Indonesia yang tergolong sebagai bank primer ialah bank sentral dan bank umum; dalam memberikan kredit, bank dibatasi oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (primaire banken).”

Selengkapnya

Bank Sekunder

“Bank yang tidak menciptakan uang giral yang tergolong sebagai bank sekunder, misalnya bank perkreditan rakyat.”

Selengkapnya

Tabungan

"N tempat menabungkan uang; celengan,uang tabungan; uang simpanan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo