• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bank Tabungan Bersama

“Bank tabungan yang diorganisasi berdasarkan piagam negara untuk kepemilikan dan keuntungan penabungnya; biasanya, pendapatan didistribusikan kepada penyimpan dana setelah seluruh biaya diperhitungkan; dewasa ini banyak bank tabungan bersama yang mulai menerbitkan saham dan menawarkan jasa konsumen, seperti kartu kredit dan gino, di samping jasa komersial lain seperti kredit komersial untuk real estate ; bank tabungan bersama lazim terdapat di AS (mutual savings bank).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Tabungan Bersama?

Tabungan bersama biasanya dipakai oleh pasangan suami istri agar dapat membangun dana yang dikumpulkan secara bersama. Meski, tidak ada rumus pasti, apakah pengaturan keuangannya harus dipisahkan atau digabungkan. Rekening bersama akan memudahkan pasangan suami-istri untuk mengatur keuangan bersama-sama. 

Ada jaminan uang tersebut tidak akan terpakai untuk kepentingan pribadi suami atau istri. Tapi di sisi lain, mungkin juga ada kerepotan karena ketika perlu mengambil uang butuh persetujuan kedua belah pihak. Rekening bersama bisa dipakai untuk tujuan menabung untuk kebutuhan jangka panjang, seperti tabungan liburan dan tabungan pendidikan.

Fungsi dari Tabungan Bersama

Tabungan pernikahan

Kamu dapat menabung tabungan bersama dengan pasangan sebelum menikah agar dana yang diinginkan tercapai. Dengan membangun dana bersama kamu tidak bisa sembarangan mengambil dana yang sudah kamu dan pasangan kumpulkan dan persetujuan juga harus dari kedua belah pihak.

Lebih mudah dengan pembayaran bersama

Saat semua pendapatan rumah tangga dimasukkan ke dalam tabungan bersama, membayar pengeluaran bersama seperti cicilan rumah, tagihan bulanan, atau premi asuransi pendidikan anak jelas akan jadi jauh lebih mudah. Selain itu untuk skenario terburuknya, saat ada salah satu yang terkena musibah seperti sakit, cacat, atau meninggal dunia, pasangan masih bisa mengakses dana yang ada di tabungan bersama untuk melanjutkan hidup.

Bisa saling mengawasi

Bila memilih menggunakan tabungan bersama, kamu dan pasangan otomatis akan menjadi accountability partner yang bisa terus saling mengawasi dan mengingatkan untuk tetap fokus pada komitmen finansial yang sudah dibuat. Kalau bisa berbagi tanggung jawab untuk saling mengingatkan bila tiba waktunya membayar tagihan, jatuh tempo deposito, atau mengecek sisa dana dan pertumbuhan investasi?

Travelling keluarga lebih mudah

Travelling keluarga setiap tahun dapat kamu lakukan dengan penabungan secara bersama. Kamu tidak perlu menabung seorang diri untuk merealisasikan mimpi kamu dengan pasangan kamu, selain itu dana lebih mudah terkumpul dan lebih cepat untuk merealisasikan mimpi kamu. Hiburan dan travelling memang dibutuhkan tiap tahun oleh setiap keluarga.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Tabungan

"Bank yang sumber dana utamanya berasal dari tabungan dan dalam usahanya terutama memperbungakan dananya dalam surat-surat berharga yang berperingkat baik (saving bank)."

Selengkapnya

Bank Primer

“Bank yang dapat menciptakan uang dengan meningkatkan perkreditan sampai dengan tingkat tertentu tanpa dipengaruhi dana yang dihimpunnya; di Indonesia yang tergolong sebagai bank primer ialah bank sentral dan bank umum; dalam memberikan kredit, bank dibatasi oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (primaire banken).”

Selengkapnya

Bank Sekunder

“Bank yang tidak menciptakan uang giral yang tergolong sebagai bank sekunder, misalnya bank perkreditan rakyat.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo