• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bank Sekunder

“Bank yang tidak menciptakan uang giral yang tergolong sebagai bank sekunder, misalnya bank perkreditan rakyat.”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bank Sekunder?

Bank yang bertugas sebagai perantara dalam menyalurkan kredit. Yang tergolong dalam bank sekunder adalah bank-bank tabungan dan bank-bank lainya (bank pembangunan dan bank hipotik) yang tidak boleh menciptakan uang giral.

Contoh Bank Sekunder

  • Bank Perkreditan Rakyat atau Bank Koperasi. BPR adalah lembaga keuangan bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan, dan/atau bentuk lainnya yang dipersa­makan dengan itu dan menyalurkan dana sebagai usaha BPR. Status BPR diberikan kepada Bank Desa, Lumbung Desa, Bank Pasar, Bank Pegawai, Lumbung Pitih Nagari (LPN), Lembaga Perkreditan Desa (LPD), Badan Kredit Desa (BKD), Badan Kredit Kecamatan (BKK), Kredit Usaha Rakyat Kecil (KURK), Lembaga Perkreditan Kecamatan (LPK), Bank Karya Produksi Desa (BKPD), dan/atau lembaga-lembaga lainnya yang dipersamakan dengan itu berdasarkan UU Perbankan Nomor 7 Tahun 1992 dengan memenuhi persyaratan tatacara yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah. 
  • Bank Pembangunan Daerah. Bank pembangunan daerah adalah bank yang sebagian atau seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah Provinsi.
  • Bank Tabungan (BTN, BTPN)

Manfaat dari Bank Sekunder

Bank sekunder atau secondary bank reserve adalah sarana pelengkap cadangan primer bank yang bersifat likuid, yaitu apabila diperlukan dapat segera diuangkan. Misalnya ada kebutuhan untuk  membayar penarikan dana pihak ketiga di luar kewajaran atau untuk keperluan ekspansi kredit. Untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut biasanya cadangan sekunder yang berbentuk surat berharga dengan peringkat tinggi, berisiko rendah, berjangka waktu pendek dan sangat mudah dijual, dapat dengan segera dikonversikan menjadi uang tunai.

Dengan demikian bank sekunder dapat menjadi alternatif tempat “parkir”  bagi perbankan yang mengalami kelebihan likuiditas disebabkan perlambatan penyaluran kredit dan penambahan likuiditas dari penurunan giro wajib minimum (GWM) primer.  Secondary bank reserve akan memberikan pendapatan bagi bank dari dana-dana menganggur.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Primer

“Bank yang dapat menciptakan uang dengan meningkatkan perkreditan sampai dengan tingkat tertentu tanpa dipengaruhi dana yang dihimpunnya; di Indonesia yang tergolong sebagai bank primer ialah bank sentral dan bank umum; dalam memberikan kredit, bank dibatasi oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (primaire banken).”

Selengkapnya

Bank Sentral

"bank n"

Selengkapnya

Bank Indonesia

"Bank sentral Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang berlaku.."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo