• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bank Retail

"Bank yang mengkhususkan usahanya pada produk jasa bank yang ditawarkan, baik kepada nasabah perseorangan maupun badan usaha berskala kecil (retail banking)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bank Retail?

Bank retail adalah bank yang memberikan jasa keuangan baik untuk individu maupun keluarga.

Bentuk Jasa yang DIberikan Bank Retail

Bank ini biasanya akan menyediakan tiga bentuk jasa yaitu kredit, deposit, dan manajemen keuangan. Ketiga hal tersebut adalah komponen dari bank komersial.

Pertama, bank retail akan menawarkan kredit kepada pelanggan untuk membayar rumah, mobil, dan berbagai furniture.

Kedua, bank retail akan menyediakan tempat yang aman untuk orang dalam mendepositkan uang mereka. Akun simpanan, sertifikat deposito, dan berbagai produk finansial lainnya menawarkan tingkat pengembalian yang baik dibanding menyimpan uang mereka di tempat lain.

Ketiga, bank retail mengizinkan pelanggan untuk mengatur uang mereka sendiri dengan mengecek akun dan kartu debit. Itu berarti, bank retail tidak perlu untuk melakukan semua jenis transaksi secara offline tetapi online, membuat bank terlihat lebih nyaman.

Selain itu, Bank Retail juga bisa diartikan sebagai bank yang memberikan layanan dalam skala kecil. Bank Retail fokus pada layanan dan transaksinya kepada penabung-penabung individu, perusahaan, dan lembaga yang tentunya juga berskala kecil. Dalam operasi, jumlah pinjaman maksimal yang diberikan adalah sekitar Rp20.000.000 walaupun angka ini tidak bersifat tetap.

Dampak Bank Retail Terhadap Ekonomi

Bank retail akan menggunakan dana deposito sebagai dana untuk para debitur. Mereka lalu akan menetapkan bunga yang lebih tinggi terhadap uang yang dipinjamkan ketimbang persentase yang harus dibayarkan pada deposito. Selain itu, mengingat Indonesia masih berada pada tahap negara berkembang, munculnya perusahaan-perusahaan berskala kecil lebih banyak ketimbang perusahaan besar. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Bank Retail karena target mereka adalah individu dan perusahaan berskala kecil. Ketika perusahaan-perusahaan tersebut menaruh uangnya di Bank Retail, maka semakin besar pula dana yang bisa digunakan sebagai dana pinjaman kepada debitur. Oleh karena itu, individu-individu yang ingin membuka usaha namun belum memiliki modal bisa meminjam uang tersebut ke Bank Retail dengan peluang yang lebih besar. Dalam keadaan ini, uang akan berputar dan Bank Retail berhasil menggerakkan situasi ekonomi di masyarakat.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Agen

“Bank yang ditunjuk oleh para anggota kelompok bank yang memberikan kredit sindikasi untuk mengelola bunga para bank yang terlibat tersebut; bank pelaksana bertanggung jawab untuk memberitahukan bank peserta lain mengenai adanya penarikan atau penyetoran debitur dan perubahan bunga; lihat sindikasi (agent bank).”

Selengkapnya

Bank Kustodian

“Bank Kustodian adalah bank umum yang telah memperoleh persetujuan OJK untuk melakukan kegiatan usaha sebagai kustodian.”

Selengkapnya

Bank Devisa

“Badan usaha di bidang keuangan yang mengatur peredaran devisa, alat pembayaran luar negeri.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo