• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bank Responden

Bank yang secara tetap membeli cek, wesel, dan jasa lain dari bank koresponden termasuk membeli surat-surat berharga dan kliring penjualan surat-surat berharga (respondent bank).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bank Responden?

Bank responden adalah bank yang memiliki rekening di bank lain (agen, atau bank koresponden) yang memungkinkannya melakukan pembayaran untuk rekeningnya sendiri dan atas nama kliennya. Juga, bank responden dapat mengumpulkan deposito melalui bank korespondennya, dan dapat memanfaatkan layanan perbankan yang biasanya tidak dapat diperoleh tanpa intervensi dari bank koresponden. Biasanya, bank responden memiliki akses terbatas ke pasar keuangan atau wilayah geografis luar negeri, dan karenanya mencari layanan bank besar untuk melakukan transaksi tertentu. Dalam kebanyakan kasus, kedua bank tersebut berlokasi di berbagai kota atau negara. Hubungan koresponden tidak termasuk transaksi antar bank sebagai prinsipal.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Koresponden

Bank yang berdasarkan suatu perjanjian mempunyai hubungan dengan bank lain untuk saling memberikan jasa dan/atau melakukan transaksi untuk dan atas nama bank yang berkepentingan (correspondent bank).

Selengkapnya

Kliring

"Perhitungan utang piutang antara para peserta kliring secara terpusat di satu tempat dengan cara saling menyerahkan surat-surat berharga dan surat-surat dagang yang telah ditetapkan untuk dapat diperhitungkan (clearing)."

Selengkapnya

Deposito Berjangka

“Simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank (time deposit).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo