• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bank Primer

“Bank yang dapat menciptakan uang dengan meningkatkan perkreditan sampai dengan tingkat tertentu tanpa dipengaruhi dana yang dihimpunnya; di Indonesia yang tergolong sebagai bank primer ialah bank sentral dan bank umum; dalam memberikan kredit, bank dibatasi oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (primaire banken).”

Otoritas Jasa Keuangan

“Bank yang dapat menciptakan uang dengan meningkatkan perkreditan sampai dengan tingkat tertentu tanpa dipengaruhi dana yang dihimpunnya; di Indonesia yang tergolong sebagai bank primer ialah bank sentral dan bank umum; dalam memberikan kredit, bank dibatasi oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.”

Bank Indonesia

Apa itu Bank Primer?

Bank Primer adalah jenis bank yang mampu mencetak uang berupa kartal dan giral. Bank ini juga mampu mengatur perekonomian daerah maupun negara. Bank yang termasuk kelompok ini adalah: 

Bank Sentral

Bank Indonesia berlaku sebagai sebagai pencipta uang kartal. Selain itu, tugas Bank Sentral di antaranya: 

  • menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter; 
  • mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran; dan 
  • mengatur dan mengawasi bank. 

Bank Umum

Bank Umum berlaku sebagai pencipta uang giral (uang yang hanya berlaku secara khusus dan tidak berlaku secara umum).

Fungsi Bank Primer

Fungsi bank Primer pastinya macam-macam karena salah satu bank Primer yaitu sebagai stabilisasi perekonomian negara. Berikut ini fungsi dari bank Primer

Sebagai agen fiskal negara

Bank sentral berfungsi sebagai penasihat negara dan memberikan bantuan untuk mengelola berbagai masalah transaksi keuangan pemerintah

Melakukan pengawasan evaluasi dan pembinaan perbankan

Berkenaan dengan fungsinya tersebut Bank Sentral diberi kewenangan untuk melakukan penilaian terhadap tingkat kesehatan bank.

Melakukan riset ekonomi

Bank Sentral berperan sebagai lembaga untuk melakukan riset-riset ekonomi yang berkaitan dengan masalah dan perkembangan sektor moneter.

Menghimpun dana masyarakat

Bank menghimpun dana dari masyarakat melalui tabungan, deposito berjangka, giro ataupun bentuk simpanan lainnya. Dengan penghimpunan dana ini, bank menjamin keamanan uang masyarakat tersebut sekaligus memberikan bunga untuk dana tersebut.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Bank Persepsi

"Bank yang ditunjuk untuk melakukan pembayaran terkait transaksi-transaksi keuangan pemerintah."

Selengkapnya

Bank Devisa

“Badan usaha di bidang keuangan yang mengatur peredaran devisa, alat pembayaran luar negeri.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo