• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bank Pengonfirmasi

Bank yang mengonfirmasi dengan mengikatkan diri untuk membayar, mengaksep, atau mengambil alih surat-surat wesel yang ditarik (confirming bank).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bank Pengonfirmasi?

Bank pengonfirmasi adalah salah satu pihak yang terlibat dalam surat kredit. Bank pengonfirmasi berperan sebagai pihak dari surat kredit yang menegaskan dan menjamin untuk melakukan tanggung jawab pembayaran atau penerimaan negosiasi berdasarkan kredit. Bank menambahkan konfirmasi ke kredit atas otorisasi atau permintaan bank penerbit. Bank pengonfirmasi surat kredit melakukan kewajiban pembayaran berdasarkan kredit.

Kewajiban Bank Pengonfirmasi

Berikut merupakan kewajiban yang harus dilakukan bank pengonfirmasi dalam aturan surat kredit:

  • Jika kredit tersedia dengan pembayaran penglihatan, pembayaran ditangguhkan atau penerimaan dengan bank konfirmasi;
  • Jika kredit tersedia dengan pembayaran langsung dengan bank yang ditunjuk lainnya dan bank yang dinominasikan tidak membayar;
  • Jika kredit tersedia dengan pembayaran ditangguhkan dengan bank yang ditunjuk lainnya dan bank yang dinominasikan tidak melakukan pembayaran yang ditangguhkan atau, setelah melakukan pembayaran yang ditangguhkan, tidak membayar pada saat jatuh tempo;
  • Jika kredit tersedia dengan penerimaan dengan bank yang ditunjuk lainnya dan bank yang dinominasikan tidak menerima draft yang ditarik padanya, atau, setelah menerima draft yang ditarik di atasnya, tidak membayar pada saat jatuh tempo;
  • Jika kredit tersedia melalui negosiasi dengan bank yang ditunjuk dan bank yang dinominasikan tidak bernegosiasi.
  • Bernegosiasi, tanpa bantuan, jika kredit tersedia melalui negosiasi dengan bank konfirmasi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Analisis Kredit

“Orang yang menganalisis permohonan kredit dari berbagai aspek yang terkait untuk menilai kelayakan usaha yang akan dibiayai dengan kredit; analisis tersebut meliputi, antara lain, aspek hukum, lingkungan, keuangan, pemasaran, produksi, manajemen, ekonomi, dan tersedianya jaminan yang cukup.”

Selengkapnya

Arbitrasi Wesel

“Tindakan yang dilakukan oleh debitur untuk membayar utangnya di negara lain dengan menggunakan wesel dengan harapan memberikan pengeluaran yang serendah-rendahnya melalui pemanfaatan perubahan nilai tukar mata uang yang terjadi di pusat pasar uang dunia (arbitration of exchange)”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo