• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bank Penerus Surat Kredit Berdokumen

Bank yang meneruskan surat kredit berdokumen dari pihak pemberi kredit kepada pihak penerima kredit tanpa terikat pada ketentuan dalam perjanjian kredit yang diteruskannya; penerusan dilakukan setelah diperoleh keyakinan akan kebenaran sandi atau tanda tangan bank pembuka surat kredit berdokumen (advising bank).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bank Penerus Surat Kredit Berdokumen?

Bank Penerus Surat Kredit Berdokumen adalah bank yang meneruskan surat kredit, yaitu bank koresponden (agen) yang meneruskan surat kredit kepada beneficiary atau si penerima. Bank tidak bertanggung jawab atas isi surat kredit dan hanya bertindak sebagai perantara.

Bank penerus surat kredit berdokumen dapat disebut sebagai negotiating bank jika memiliki kuasa untuk membeli wesel yang ditarik oleh eksportir. Juga dapat disebut sebagai confirming bank jika diminta untuk menjamin pembayaran. Dalam praktiknya, bank penerus surat kredit berdokumen bertugas untuk meneruskan Surat Kredit Berdokumen kepada eksportir, menerima dokumen yang disyaratkan dari eksportir, dan membayar harga barang kepada eksportir sesuai dengan kesepakatan dan syarat yang ada dalam Surat Kredit Berdokumen.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cek

"Tanda berupa coretan atau yang serupa pada sesuatu yang menyatakan bahwa sesuatu itu telah diverifikasi; 2. perintah tertulis nasabah kepada bank untuk menarik dananya sejumlah tertentu atas namanya atau atas unjuk (cheque)."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Perbankan

Segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya (banking).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo