• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bank Pemrakarsa

Bank yang bertindak sebagai pemrakarsa pemindahan uang (originator’s bank).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bank Pemrakarsa?

Bank pemrakarsa adalah bank yang menerima warkat dari pihak ketiga dalam transaksi inkaso untuk ditagihkan dan hasilnya untuk keuntungan pihak ketiga tersebut. Warkat terdiri atas cek, bilyet giro, wesel bank untuk transfer, surat bukti penerimaan transfer, dan sebagainya. Bank pemrakarsa akan memperoleh pendapatan berupa komisi inkaso. Komisi inkaso ini akan didistribusikan pada setiap akhir bulan antara cabang pemrakarsa dan cabang pelaksana masing-masing 50% dari total komisi inkaso yang bersangkutan. Komisi hanya dibebankan kepada pihak pemberi amanat di cabang pemrakarsa.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cek

"Tanda berupa coretan atau yang serupa pada sesuatu yang menyatakan bahwa sesuatu itu telah diverifikasi; 2. perintah tertulis nasabah kepada bank untuk menarik dananya sejumlah tertentu atas namanya atau atas unjuk (cheque)."

Selengkapnya

Arbitrasi Wesel

“Tindakan yang dilakukan oleh debitur untuk membayar utangnya di negara lain dengan menggunakan wesel dengan harapan memberikan pengeluaran yang serendah-rendahnya melalui pemanfaatan perubahan nilai tukar mata uang yang terjadi di pusat pasar uang dunia (arbitration of exchange)”

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo