Bank Pembangunan Asia

Definisi Bank Pembangunan Asia

Bank pembangunan yang didirikan pada 1966 atas rekomendasi ECAFE dengan tujuan mendorong pertumbuhan dan kerja sama ekonomi di negara yang sedang berkembang di Asia dan Timur Jauh dengan cara memberikan pinjaman atau bantuan teknik, baik kepada pemerintah maupun swasta (Asian Development Bank/ADB).

Otoritas Jasa Keuangan

Fokus Bank Pembangunan Asia

Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) adalah lembaga keuangan internasional yang berfokus membantu pembangunan di negara-negara berkembang (Developing Member Countries/DMCs). Pemberian bantuan ADB tersebut dilatarbelakangi oleh pertimbangan adanya himbauan dan permintaan dari badan-badan internasional kepada negara maju untuk ikut serta dalam membantu negara yang sedang berkembang.

Untuk mewujudkan visi mereka, yaitu menjadikan Asia dan Pasifik yang bebas dari kemiskinan, Bank Pembangunan Asia memiliki misi untuk membantu mengurangi kemiskinan dan menigkatkan kondisi serta kualitas kehidupan negara anggota ADB yang berasal dari kalangan negara sedang berkembang.

Tujuan dan Fungsi Bank Pembangunan Asia

Bank Pembangunan Asia didirikan bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kerja sama di kawasan Asia dan Pasifik serta ikut membantu memperlancar proses pembangunan ekonomi di negara berkembang yang menjadi anggotanya.

Untuk mencapai tujuannya, Bank Pembangunan Asia memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:

  1. Memberikan pinjaman dan melakukan investasi modal (equity investment) untuk mempercepat pembangunan ekonomi dan sosial negara berkembang;
  2. Memberikan bantuan teknis dalam rangka persiapan dan pelaksanaan proyek pembangunan;
  3. Mempromosikan investasi untuk sektor publik dan swasta demi tujuan pembangunan;
  4. Membuat tanggapan terhadap permintaan tenaga teknik dari negara anggota dalam rangka koordinasi perencanaan dan penyusunan kebijakan.

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍