• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bank Multijasa

Bank yang menyediakan berbagai jenis jasa perbankan kepada para nasabahnya, biasanya disebut pula sistem perbankan department store; di Indonesia dikenal sebagai bank umum (multiple banking).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bank Multijasa?

Bank multijasa adalah pengaturan perbankan di mana pinjaman tersedia secara independen dari lebih dari satu bank. Dengan demikian, tidak ada hubungan kontraktual antara berbagai bankir dari peminjam tersebut. Juga dalam pengaturan seperti itu setiap bankir bebas untuk melakukan penilaian kreditnya sendiri dan keamanan lama yang independen dari bankir lain.

Pengaturan perbankan multijasa mirip dengan kemajuan konsorsium dan sindikasi pinjaman, di mana beberapa pemberi pinjaman membiayai seorang peminjam tunggal. Namun, ada banyak perbedaan struktural dan operasional di antara mereka. Dalam bank multijasa, peminjam meminjam secara simultan dari lebih dari satu bank yang tidak saling tergantung. Setiap bank pinjaman mengambil dokumen pinjaman dan surat berharga yang ditawarkan kepada masing-masing bank secara terpisah.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Umum

“Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan Prinsip Syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran; sin, bank komersial.”

Selengkapnya

Perbankan

Segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya (banking).

Selengkapnya

Pinjaman Lunak

“Fasilitas pinjaman dengan syarat-syarat pelunasan ringan, tingkat suku bunga rendah dan berjangka waktu panjang; fasilitas ini diberikan oleh bank pembangunan multilateral dan bilateral, seperti IBRD, OECF untuk pembiayaan proyek pembangunan di negara-negara berkembang; biasanya, pinjaman lunak tersebut berjangka waktu panjang sampai dengan 50 tahun, selama masa tenggang hanya membayar bunga dan biaya pelayanan negara berkembang dengan pendapatan per kapita rendah dan negara berkembang yang mempunyai masalah dalam neraca pembayaran akan memperoleh fasilitas dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari jadwal pembayaran yang lebih ringan (soft loan).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo