• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bank Koresponden

Bank yang berdasarkan suatu perjanjian mempunyai hubungan dengan bank lain untuk saling memberikan jasa dan/atau melakukan transaksi untuk dan atas nama bank yang berkepentingan (correspondent bank).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bank Koresponden?

Bank koresponden adalah bank yang menyediakan layanan atas nama lembaga keuangan lain, dengan fasilitas yang sama atau tidak sama. Fasilitas yang ditawarkan biasanya transfer antar rekening, transaksi bisnis, menerima setoran, dan mengumpulkan dokumen atas nama lembaga keuangan lain. Bank koresponden kemungkinan besar akan digunakan oleh bank domestik untuk melayani transaksi yang berasal atau diselesaikan di luar negeri, bertindak sebagai agen bank domestik di luar negeri.

Timbulnya bank korespondensi dapat disebabkan dengan adanya hal-hal seperti orientasi internasional/global, hingga meluasnya usaha bank yang mencakup kegiatan ekspor, impor, hingga transfer valuta asing.

Bentuk-bentuk Hubungan Bank Koresponden

Dalam melakukan hubungan koresponden antar bank, dapat ditinjau dari segi bentuknya dapat bersifat seperti berikut:

  1. Non Depository Correspondent, yaitu suatu hubungan satu bank dengan bank lain, yang terbatas pada pertukaran contoh tanda tangan antar pejabatnya dan hubungan test key (sandi untuk mengidentifikasi kebenaran suatu berita dari satu bank dengan bank lain).
  2. Depository Correspondent, yaitu hubungan yang semula bersifat non depository tetapi di ikuti dengan pembukaan rekening oleh salah satu bank atau kedua bank yang mengadakan hubungan koresponden tersebut atau hubungan Nostro-Vostro atau keduanya. 

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Perbankan

Segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya (banking).

Selengkapnya

Bank Ekspor Impor

“Bank yang kegiatan utamanya memberikan kredit kepada perusahaan yang melakukan transaksi ekspor impor.”

Selengkapnya

Perbankan Korporasi

Pelayanan perbankan kepada perusahaan besar dan unit usaha bukan eceran yang mempunyai struktur keuangan yang kuat (whoIesale banking, corporate banking).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo