• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bank Konsentrasi

Bank yang kegiatan operasionalnya lebih mengkhususkan diri pada nasabah atau perusahaan besar; biasanya, bank tersebut merupakan bank utama yang melaksanakan kegiatan perbankan dan nasabah atau perusahaan besar tersebut (concentration bank).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bank Konsentrasi?

Bank konsentrasi adalah lembaga keuangan yang merupakan bank utama dari organisasi tertentu. Bank konsentrasi juga dapat menjadi tempat organisasi melakukan sebagian besar transaksinya. Beberapa organisasi menggunakan banyak bank tetapi umumnya berurusan secara signifikan dengan satu bank.

Sederhananya, jika suatu perusahaan memiliki operasional di beberapa bagian negara biasanya untuk mempermudah kompleksitas penanganan beberapa rekening bank di lokasi yang berbeda, perusahaan dapat memilih untuk menggunakan layanan bank konsentrasi, di mana semua dana dari bank regional yang berbeda mendapat diteruskan ke satu rekening bank yang disebut sebagai akun konsentrasi.

Bagaimana Bank Konsentrasi Beroperasi?

  • Pertama, tempat diidentifikasi di mana pelanggan utama perusahaan ditempatkan dan kemudian rekening bank lokal dibuka di setiap lokasi.
  • Setelah rekening dibuka, pusat pengumpulan lokal (agen) atau cabang bank diidentifikasi di mana semua cek dikumpulkan dari pelanggan di lokasi masing-masing.
  • Pengiriman uang dari pelanggan dapat dikumpulkan secara langsung atau melalui pos. Setelah cek dikumpulkan, disimpan di bank lokal untuk mendapatkan izin.
  • Pada realisasi cek, dana ditransfer ke rekening bank kantor pusat (akun konsentrasi) melalui skema transfer telegraf / elektronik.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Perbankan Regional

Pendirian bank di negara bagian, dapat dilakukan melalui merger, akuisisi, atau pendirian baru; kantor bank regional dapat dibuka apabila terdapat kesepakatan timbal balik antara kedua negara bagian mengenai izin pendirian atau pembukaan bank tersebut; hal ini terjadi di negara Amerika Serikat (regional banking).

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo