• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bank Industri

Bank yang didirikan untuk melakukan pembiayaan pada para karyawan atau pekerja; bank tersebut memiliki sumber dana dan tabungan para karyawan atau pekerja; kebanyakan bank industri saat ini melakukan merger menjadi commercial bank (industrial bank).

Otoritas Jasa Keuangan

Bank Industri di Indonesia

Bank industri adalah lembaga keuangan dengan ruang lingkup layanan terbatas. Di Indonesia dulu didirikan Bank Industri Negara yang ada dari tahun 1951 sampai 1960. Bank ini didirikan untuk menangani pembiayaan sektor-sektor prioritas yang ada di Indonesia seperti perkebunan, industri dan pertambangan. Tahun 1960, saat Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) dibentuk, BIN dileburkan ke dalamnya.

Sejarah Bank Industri di Indonesia

Raden Mas Margono Djojohadikusumo selaku Presiden Direktur BNI 1946 merasa perlu suatu lembaga baru yang khusus mengurus dunia industri. 15 Mei 1950, ia memerintahkan Kepala Bagian Kredit, Soenggono untuk mempersiapkan pendirian sebuah bank yang akan menangani masalah industri. Setelah berbagai penelitian dan persiapan, pada tanggal 4 April 1951 didirikan NV Bank Industri.

Sejak Bank Industri Negara (BIN) berdiri, tahun 1954 mereka membuka cabang pertama di Surabaya. Tahun 1955 bertambah di Semarang, Medan, dan di Banjarmasin. Tahun 1958 membuka cabang di Padang. Ketika dilebur menjadi Bapindo, cabang yang dimiliki bank ini berjumlah lima buah.

Pada tahun 1960, kebutuhan pembiayaan untuk usaha meningkat. Tak hanya pembangunan perkebunan, industri dan pertambangan lagi tapi juga pembangunan semesta. Untuk memenuhi kebutuhan akan suatu lembaga pembiayaan pembangunan, maka dengan Undang-Undang Nomor 21 Prp Tahun 1960 tanggal 25 Mei 1960, pemerintah mendirikan Bank Pembangunan Indonesia sebagai pusat penghimpun dana dan sumber pembelanjaan tetap yang menjamin kelangsungan pelaksanaan usaha PNSB (Pembangunan Nasional Semesta Berencana). Selanjutnya berdasar Undang-Undang Nomor 30 Prp tahun 1960 yang terbit tanggal 16 Agustus 1960, BIN dilebur ke dalam Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Lembaga Keuangan

“Lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menanamkannya dalam bentuk aset keuangan lain, misalnya kredit, surat-surat berharga, giro, dan aktiva produktif lainnya; yang termasuk dalam lembaga keuangan adalah bank dan lembaga keuangan nonbank (financial institution).”

Selengkapnya

Perbankan

Segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya (banking).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo