• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bank Independen

Bank umum yang dimiliki oleh komunitas masyarakat setempat, menyerap dana dari masyarakat tempat bank beroperasi dan meminjamkannya kepada masyarakat setempat; bank independen tidak berafiliasi dengan perusahaan grup usaha multibank (multibank holding company), bank ini dikenal juga dengan nama bank komunitas (independent bank).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bank Independen?

Bank independen adalah bank komersial milik lokal yang tidak berafiliasi dengan perusahaan grup usaha multibank. Semua dana mengalir masuk dan keluar melalui komunitas di mana ia beroperasi. Secara umum, bank independen sangat memiliki pengetahuan yang baik tentang pasar di daerah mereka. Mereka sering berfungsi untuk menjaga uang tunai lokal aman dan meminjamkan uang kepada usaha kecil dan pemula. Bank independen juga disebut bank komunitas. Bank independen seringkali menangani operasi perbankan berskala kecil dan mematuhi undang-undang negara bagian yang mengatur tindakan mereka.

Bank independen biasanya lebih diminati oleh pemilik bisnis lokal, karena bermitra dengan bank nasional yang lebih besar berpotensi membahayakan uang investasi. Namun, bank komunitas harus berfungsi di bawah batasan hukum yang ketat untuk mencegah investasi apa pun yang dapat membahayakan uang bisnis yang sudah diinvestasikan oleh nasabah. Bank-bank independen memahami nilai dan pentingnya bisnis lokal yang stabil dan mereka selalu memberikan kredit kepada bisnis lokal dengan sejarah kerja yang panjang.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Nasabah Bank

"orang yang biasa berhubungan dengan atau menjadi pelanggan bank."

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo