Bank Ekspor Impor

Definisi Bank Ekspor Impor

“Bank yang kegiatan utamanya memberikan kredit kepada perusahaan yang melakukan transaksi ekspor impor.”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bank Ekspor Impor?

Bank Ekspor Impor atau export-import bank yaitu bank yang kegiatan utamanya memberikan kredit kepada perusahaan yang melakukan transaksi ekspor impor.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Manfaat Menggunakan Jasa Pelayanan Bank Ekspor Impor

Manfaat Menggunakan Jasa Pelayanan Bank Ekspor

  • Eksportir akan merasa aman akan hak dan kewajibannya karena pembayaran akan dilakukan oleh bank setelah ada penyerahan dokumen-dokumen yang sesuai dengan syarat-syarat L/C.
  • Pembayaran dapat diterima segera oleh eksportir sepanjang dokumen yang diserahkan kepada Bank yang bernegosiasi telah sesuai dengan syarat L/C tanpa harus menunggu importir menerima dokumen atau barang yang dikirim
  • Eksportir dapat menggunakan L/C yang diterima sebagai jaminan untuk pembukaan L/C (back to back L/C) sepanjang memenuhi ketentuan Bank.

Manfaat Menggunakan Jasa Pelayanan Bank Impor

  • Memperlancar dan memberikan rasa aman bagi importir dimana pembayaran ke luar negeri (beneficiary) hanya dilakukan setelah eksportir menyerahkan dokumen sesuai persyaratan yang diminta importir kepada bank.
  • Apabila memperoleh fasilitas impor dari bank, importir tidak harus menyediakan keseluruhan dana atau biasanya persentase tertentu saja sampai barang impor tiba untuk ditebus.
  • Importir dapat menggunakan hak pemilikan atas dokumen sesuai syarat L/C untuk memperoleh pembiayaan kembali (refinancing).
  • Importir merasa terjamin bahwa bank akan menolak pembayaran kepada eksportir kecuali eksportir telah memenuhi persyaratan yang diminta importir seperti yang ditentukan di syarat L/C.

Persyaratan Untuk Melakukan Transaksi Ekspor Impor Di Bank

  1. Memiliki SIUP, TDP, dan NPWP
  2. Izin usaha dari Departemen teknis / lembaga pemerintah non departemen
  3. Untuk ekspor yang bernilai diatas Rp100.000.000, maka eksportir harus melampirkan juga formulir Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍