Bank Agen

Definisi Bank Agen

“Bank yang ditunjuk oleh para anggota kelompok bank yang memberikan kredit sindikasi untuk mengelola bunga para bank yang terlibat tersebut; bank pelaksana bertanggung jawab untuk memberitahukan bank peserta lain mengenai adanya penarikan atau penyetoran debitur dan perubahan bunga; lihat sindikasi (agent bank).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bank Agen?

Agen bank adalah sebuah pihak pembantu dari induk bank yang akan membantu pelayanan dari fitur dan program yang dijalankan bank induk tersebut. Selain itu juga biasanya agen bank menjangkau masyarakat yang belum tahu tentang perbankan sekalipun. Jadi, fungsi agen bank ini dapat melakukan penyuluhan, dan sebagai penghubung dari bank induk ke masyarakat.

Para agen bank program dapat memberikan akses perbankan kepada masyarakat layaknya pihak bank. Hal ini tentu saja sangat memudahkan, sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang langsung ke bank untuk melakukan transaksi.

Dengan adanya kemudahan tersebut, tentu saja banyak masyarakat yang tertarik untuk menjadi nasabah program ini. Hingga saat ini, ada beberapa bank yang sudah memiliki izin untuk membuka layanan branchless banking.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Fungsi Bank Agen

Dengan adanya agen bank maka fungsi dari bank induk akan terbantu dan dapat melayani masyarakat. Berikut ini fungsi-fungsi dari kehadirannya agen bank.

Memasarkan produk

Dapat menawarkan produk-produk agar dapat mengatur keuangan kepada masyarakat-masyarakat yang belum mengenal perbankan

Penyuluhan

Memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar masyarakat mengenal apa itu fungsi dari bank dan memberikan program-program yang dapat membantu perekonomian masyarakat.

Membantu masyarakat

Membantu masyarakat agar dapat membuka rekening, melakukan penyetoran rekening, melakukan penarikan tunai, dan transaksi lain yang berhubungan dengan teknologi.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍