Balance Scorecard

Definisi Balance Scorecard

Alat untuk memantau keputusan strategis yang diambil oleh perusahaan berdasarkan indikator yang telah ditetapkan sebelumnya dan yang harus menembus setidaknya melalui empat aspek – keuangan, pelanggan, proses internal dan pembelajaran & pertumbuhan.

Apa itu Balance Scorecard?

Balanced scorecard adalah metrik kinerja manajemen strategis yang membantu perusahaan mengidentifikasi dan meningkatkan operasi internal mereka untuk membantu hasil eksternal mereka. Ini mengukur data kinerja masa lalu dan memberi organisasi umpan balik tentang bagaimana membuat keputusan yang lebih baik di masa depan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

4 Perspektif Balance Scorecard

  1. Perspektif Keuangan : tujuan utama yang fokus pada kesehatan serta kinerja perusahaan. Misalnya margin laba, penghematan biaya dan efisiensi, serta peningkatan laba.
  2. Perspektif Pelanggan : fokus pada kepuasan pelanggan, pangsa pasar, hingga brand awareness.
  3. Perspektif Proses Internal : hal yang perlu dilakukan perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja, misalnya perbaikan proses, optimalisasi kualitas serta pemanfaatan kapasitas seperti menaikkan efisiensi.
  4. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan : fokus yang tidak berwujud, seperti optimalisasi modal manusia, informasi serta organisasi seperti budaya serta kepemimpinan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍