• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bahaya Pekerjaan

Bahaya yang mungkin terjadi dalam menjalankan tugas pekerjaan, misalnya kecelakaan kerja (occupational hazard).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bahaya Pekerjaan?

Bahaya pekerjaan adalah resiko penyakit atau kecelakaan yang bisa terjadi di tempat kerja. Bahaya pekerjaan adalah sesuatu yang diderita seseorang akibat melakukan pekerjaannya, dan memiliki resiko jangka panjang dan jangka pendek yang berkaitan dengan lingkungan pekerjaan. Risiko jangka pendek dapat mencakup cedera fisik, sementara risiko jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit berat seperti kanker atau penyakit jantung.

Jenis-jenis Bahaya Pekerjaan

1. Bahaya Kimia

Bahaya kimia adalah bahaya akibat pekerjaan yang disebabkan karena paparan bahan kimia di tempat kerja. Korban dapat menderita efek kesehatan negatif akut atau jangka panjang.

2. Bahaya Biologis

Bahaya biologis atau biohazards mengacu pada zat biologis yang mengancam kesehatan manusia dan organisme hidup lainnya. Jenis bahaya ini dapat termasuk sampel racun dari sumber biologis, virus, atau mikroorganisme. Secara khusus, sampel yang membahayakan kesehatan manusia.

3. Bahaya Fisik

Bahaya fisik dapat menjadi faktor atau keadaan yang dapat menyebabkan bahaya tanpa atau dengan adanya kontak. Biasanya bahaya fisik diklasifikasikan sebagai bahaya lingkungan atau pekerjaan. Radiasi, tekanan panas dan dingin, getaran, dan kebisingan, misalnya, adalah jenis bahaya fisik.

Bahaya fisik menyebabkan cedera dan penyakit di beberapa industri. Di beberapa industri, seperti pertambangan dan konstruksi, bahaya fisik tidak dapat dihindari. Namun, seiring waktu, prosedur dan metode keselamatan sudah dikembangkan kami telah untuk meminimalkan risiko bahaya fisik di tempat kerja.

4. Bahaya Psikososial

Bahaya psikososial adalah bahaya pekerjaan yang mempengaruhi kesehatan psikologis karyawan. Bahaya ini mempengaruhi kemampuan mereka untuk berbaur dalam lingkungan kerja dengan rekan kerja lainnya.

Bahaya psikososial terkait dengan bagaimana pekerjaan itu dirancang, diorganisir, dan dikelola. Bahaya ini juga terkait dengan konteks sosial dan ekonomi pekerjaan. Kekerasan di tempat kerja dan tekanan kerja misalnya, adalah bahaya psikososial.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bahaya

"n: yang (mungkin) mendatangkan kecelakaan (bencana, kesengsaraan, kerugian, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Moral Hazard

“Dalam bidang ekonomi, risiko moral (bahasa Inggris: moral hazard) terjadi ketika seseorang meningkatkan paparan mereka terhadap risiko ketika tertanggung. Hal ini dapat terjadi, misalnya, ketika seseorang mengambil lebih banyak risiko karena orang lain menanggung biaya dari risiko-risiko tersebut.”

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo