• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Bahaya Khusus

Bahaya atau risiko khusus yang diatur secara khusus dalam polis untuk ditanggung oleh perusahaan asuransi (named perils).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bahaya Khusus?

Bahaya khusus atau yang umumnya disebut sebagai named perils, adalah struktur jaminan polis asuransi yang hanya menjamin bahaya (perils) yang disebutkan dalam polis. Saat mengajukan klaim, penyebab utama akan menjadi acuan penting dalam penentuan liabilitas polis (layak atau tidaknya klaim dibayarkan). Perusahaan asuransi biasanya melihat apakah penyebab utama atas kerugian disebutkan atau tidak dalam polisnya. Jika disebutkan, maka proses klaim dapat dilanjutkan.

Contoh Bahaya Khusus

Dalam kontrak asuransi tertulis bahwa kerugian yang disebabkan oleh kebakaran atau vandalisme akan ditanggung. Maka dari itu, jika penyebab utama kerusakan adalah banjir, maka tidak dapat mengajukan klaim kepada penyedia asuransi, karena banjir tidak disebut sebagai bahaya (perils) di bawah pertanggungan asuransi. 

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Asuransi

"Perjanjian antara penanggung dan tertanggung, yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga (insurance)."

Selengkapnya

Klaim

"Permintaan ganti rugi dari tertanggung, kepada penanggung sesuai dengan kerugian yang dipertanggungkan berdasarkan polisnya (claim)."

Selengkapnya

Klausul Asuransi

“Syarat yang dapat diperjanjikan dalam akta hipotek yang menyatakan bahwa kreditur akan menerima uang pertanggungan dari perusahaan asuransi penerbit polis asuransi atas suatu barang jaminan yang diasuransikan (assurantiebe ding)”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo