• Produk
  • Promo
  • Artikel

Bagan Organisasi

Bagan yang memperlihatkan adanya saling keterkaitan berbagai posisi pada suatu organisasi dalam pengertian wewenang dan tanggung jawabnya; pada dasarnya terdapat tiga pola organisasi, yaitu organisasi lini, organisasi fungsional, dan organisasi lini dan staff (organization chart).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Bagan Organisasi?

Bagan organisasi atau struktur organisasi adalah diagram yang menyampaikan struktur internal perusahaan secara visual dengan menjelaskan peran, tanggung jawab, dan hubungan antar individu dalam suatu lembaga atau organisasi. Bagan organisasi menggambarkan secara luas seluruh perusahaan atau menelusuri ke departemen atau unit tertentu.

Fungsi Bagan Organisasi

  1. Kejelasan tanggung jawab tiap anggota dalam organisasi. 
  2. Kejelasan kedudukan dan koordinasi agar dapat memperjelas alur komunikasi antar tim.
  3. Kejelasan dalam jalur hubungan antar individu agar proses kerja lebih efisien.
  4. Pengendalian dan pengawasan dari pimpinan terhadap karyawannya.

Elemen Bagan Organisasi

  1. Spesialisasi pekerjaan. Untuk melihat sejauh mana tugas-tugas dalam organisasi dibagi-bagi ke dalam beberapa pekerjaan tersendiri.
  2. Departementalisasi. Dasar yang digunakani untuk mengelompokkan pekerjaan secara bersama-sama. Departementalisasi dapat berupa proses, produk, geografi, dan pelanggan.
  3. Rantai komando. Garis wewenang yang tanpa putus yang membentang dari puncak organisasi ke bagian paling bawah dan menjelaskan siapa bertanggung jawab kepada siapa.
  4. Rentang kendali. Jumlah bawahan yang dapat diarahkan oleh seorang manajer secara efisien dan efektif.
  5. Sentralisasi dan Desentralisasi. Sentralisasi mengacu pada sejauh mana tingkat pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik di dalam organisasi. Desentralisasi adalah lawan dari sentralisasi.
  6. Formalisasi. Sejauh mana pekerjaan-pekerjaan di dalam organisasi dibakukan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Wirausaha

Kewirausahaan (entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo