Bank Konvensional

Definisi Bank Konvensional

Bank konvensional adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya secara konvensional.

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Bank Konvensional?

Bank Konvensional adalah bank yang melakukan aktivitas perputaran uang sesuai kesepakatan nasional dan internasional, dan berdasarkan hukum formil suatu negara. Bank Konvensional bisa dijelaskan sebagai perantara (financial intermediaries) antara tiga pihak dengan kepentingan masing-masing, yakni Pemegang Saham, Pengelola Bank dan Nasabah.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Prinsip Bank Konvensional

  1. Menetapkan bunga sebagai harga, baik untuk produk simpanan seperti tabungan atau deposito, maupun produk pinjaman/kredit yang diberikan berdasarkan tingkat tertentu.
  2. Bank menggunakan atau menerapkan berbagai biaya dalam nominal atau persentase tertentu (fee based) untuk jasa-jasa bank lainnya.

Kegiatan Bank Konvensional

  1. Menerima dana dari masyarakat berupa Tabungan, Giro dan Deposito.
  2. Menyalurkan kembali dana yang diterima dari masyarakat kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman/kredit.

Bunga dalam Bank Konvensional

  1. Bunga Tabungan dan Deposito: Bunga yang diberikan atas penyimpanan dana yang diberikan masyarakat, dihitung berdasarkan tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Konvensional, dan pembayaran dilakukan nasabah tiap bulan.
  2. Bunga Pinjaman: Bunga yang diberikan atas pemberian pinjaman/kredit, dihitung berdasarkan tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Konvensional dan berdasarkan pokok pinjaman, dan pembayaran dilakukan bersamaan dengan pembayaran cicilan pokok pinjaman.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍