• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Audit Pemasaran

“Evaluasi atas operasi pemasaran suatu perusahaan untuk menemukan kemungkinan memperbaiki efektivitas kegiatan pemasaran (marketing audit).”

Otoritas Jasa Keuangan

“Penilaian strategi pemasaran, jasa, fungsi, dan hasilnya.”

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian Audit Pemasaran

Audit pemasaran merupakan sebuah evaluasi yang bersifat formal dan sistematis dalam sebuah strategi atau rencana pemasaran yang sudah diambil. Proses audit atau evaluasi pemasaran ini dapat dilakukan secara eksternal atau internal. Secara eksternal berarti diaudit oleh auditor independen sedangkan secara internal berarti diaudit oleh pihak perusahaan atau pihak yang bersangkutan itu sendiri seperti bagian pemasaran. Suatu audit pemasaran juga tidak dianggap sebagai upaya terakhir untuk mencari tahu atau mendefinisikan suatu permasalahn di dalam sebuah lembaga atau perusahaan. Pengauditan pada dasarnya adalah menguji atau menganalisis prosedur yang telah dilakukan serta mengidentifikasi permasalahan di sekitar perusahaan sehingga perusahaan dapat berkembang dengan lebih efisien.

Tujuan Audit Pemasaran

Tujuan dari audit pemasaran adalah tidak lain untuk melihat dan menganalisis seberapa baik perusahaan dalam menerapkan konsep serta strategi pemasaran kemudian menarik minat konsumen sehingga mampu meningkatkan laba perusahaan. Melalui proses audit pemasaran atau biasa disebut sebagai marketing auditing, akan memungkinkan manajemen melihat memprediksi penjualan perusahaan sehingga mampu mengambil langkah-langkah strategis untuk mengembangkan perusahaan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Audit

"n: pemeriksaan pembukuan tentang keuangan (perusahaan, bank, dan sebagainya) secara berkala."

Selengkapnya

Audit Kas

“Pemeriksaan buku khusus mengenai transaksi kas dalam jangka waktu tertentu untuk meneliti kelengkapan, kebenaran, dan sahnya transaksi kas itu, serta untuk menetapkan apakah seluruh penerimaan kas telah dibukukan (cash audit).”

Selengkapnya

Audit Eksternal

“Audit yang dilakukan oleh auditor luar untuk melakukan verifikasi terhadap keakuratan laporan keuangan bank yang dilakukan secara mendalam terhadap beberapa aspek pemeriksaan dilakukan sesuai dengan standar pemeriksaan yang berlaku dengan hasil akhir berupa opini pemeriksa terhadap laporan keuangan.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo