• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Audit Horizontal

"Audit Horizontal adalah praktek operasional pengawasan intern melalui penelitian prosedur akuntansi; kegiatan ini lazimnya dilakukan oleh akuntan publik; sin. pemeriksaan horizontal. "

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Audit Horizontal?

Audit horizontal adalah kinerja kegiatan audit, proses dan evaluasi yang persis sama untuk memeriksa seluruh fungsi atau departemen yang berbeda.

Tujuan untuk melakukan audit horizontal adalah untuk menguji dan mengamati apakah ada standar kontrol yang sama untuk departemen yang berbeda. Ini juga disebut "audit peer".

Ini sangat penting bagi auditor untuk memahami audit horizontal bahwa proses auditnya dapat ditunjukkan aliran informasi atau angka atau dokumen penting melintasi dari satu area ke area lain.

Metode-metode Audit

Risk-Based Audit

Metode ini merupakan perbaikan dari metode System-Based Audit, yang lebih memfokuskan untuk memperoleh Big Fish Risk yang terdapat di perusahaan dengan cara melakukan analisa proses pada level mana pun untuk memperoleh resiko terbesar pada sistem tersebut. Lalu akan dilanjutkan menuju level yang lebih tinggi hingga ke level yang tertinggi demi mendapatkan risiko Big Fish.

Fokus dari metode ini terletak pada objektivitas, tidak pada kontrol risiko yang ada. Rekomendasi yang disetujui akan sangat melibatkan pihak manajemen perusahaan hingga ke level manajemen tertinggi pada perusahaan.

Audit Around the Computer

Ini merupakan salah satu metode audit dalam dunia IT di mana auditor memperlakukan komputer sebagai black box, artinya bahwa segala proses aplikasi tidak diuji secara langsung. Metode yang satu ini hanya fokus pada input serta output pada sistem aplikasi. Artinya metode ini berasumsi bahwa ketika input benar dan output benar maka seluruh proses dianggap benar.

Metode Audit Around the Computer sesuai untuk dilaksanakan pada keadaan berikut ini:

  • Dokumen yang tersedia masih dalam bentuk kertas dan bisa dilihat secara visual
  • Dokumen-dokumen tersimpan dalam file dan mudah ditemukan
  • Sistem komputer yang digunakan masih bersifat sederhana
  • Sistem komputer masih menggunakan sofware yang umum, sudah diakui, dan dipergunakan secara massal.

Assurance-Based Audit (ABA)

Metode ini paling banyak digunakan dan dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan resiko dalam penyelenggaraan assurancenya berdasarkan pada hasil koordinasi bersama fungsi lainnya, yakni keuangan, HSSE, Inspeksi Peralatan serta Fungsi Reliabilitas di perusahaan.

Oleh sebab itu duplikasi pelaksanaan assurance dapast diminimalisasi pada tingkat yang paling rendah serta tak ada suatu kegiatan beresiko yang terlewatkan tanpa dilaksanakan assessment. Selanjutnya laporan hasil audit akan diteruskan ke Board of Direector yang mana sesuai dengan rencana penyelenggaraan penilaian.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Audit

"n: pemeriksaan pembukuan tentang keuangan (perusahaan, bank, dan sebagainya) secara berkala."

Selengkapnya

Audit Eksternal

“Audit yang dilakukan oleh auditor luar untuk melakukan verifikasi terhadap keakuratan laporan keuangan bank yang dilakukan secara mendalam terhadap beberapa aspek pemeriksaan dilakukan sesuai dengan standar pemeriksaan yang berlaku dengan hasil akhir berupa opini pemeriksa terhadap laporan keuangan.”

Selengkapnya

Audit Pemasaran

“Evaluasi atas operasi pemasaran suatu perusahaan untuk menemukan kemungkinan memperbaiki efektivitas kegiatan pemasaran (marketing audit).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo