• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

"(ATM) mesin otomatis (milik bank) untuk mengeluarkan uang tunai dengan teknik tertentu, seperti menekan tombol nomor tabungan, menekan nomor (kode) sesuai dengan petunjuk."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Mesin dengan sistem komputer yang diaktifkan dengan kartu magnetik bank yang berkode atau bersandi; melalui mesin tersebut nasabah dapat menabung, mengambil uang tunai, mentransfer dana antar-rekening, dan transaksi rutin; ATM dipasang secara nasional ataupun internasional sehingga memudahkan nasabah mendapatkan uang tunai dari ATM di negara tempat nasabah berada dengan menggunakan kode atau sandi ATM yang diterbitkan oleh bank yang bersangkutan dan nomor jati diri nasabah (automated teller machine/ATM)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu ATM?

Anjungan tunai mandiri atau ATM adalah mesin di mana kamu dapat mengambil uang atau saldo kamu di manapun mesin itu berada selama masih berada dalam jaringan bank. Kamu tidak perlu ke bank sentral untuk mengambil duit yang ingin kamu gunakan. Dengan sistem komputer kamu tinggal memasukan kartu debit lalu tentukan nominal yang ingin kamu ambil dan duit kamu pun keluar. Selain mengambil duit ATM bisa juga digunakan untuk mengisi pulsa dan mentransfer uang jika kamu membeli sesuatu. ATM mempermudah kamu karena letaknya pasti sudah ada di mana-mana, di tempat belanja, maupun tempat rekreasi lainnya.

Fungsi ATM

Fungsi utama dari ATM pastinya untuk mempermudah nasabah agar tidak kesulitan dalam melakukan transaksi atau membutuhkan cash. Selain itu kamu juga tidak perlu membawa cash banyak sehingga menimbulkan kejahatan, tinggal ambil sesuai kebutuhan di tempat terdekat. Berikut ini fungsi-fungsi ATM yang perlu kamu ketahui.

  1. Menarik uang tunai 24 Jam

Yup, ATM dapat bekerja selama 24 jam. Biasanya ditempatkan di toko yang buka selama 24 jam juga pastinya seperti Indomaret, alfamart dll. Dimanapun dan kapanpun kamu dapat menarik duit kamu bukan?

  1. Menyetor uang ke Rekening Tabungan

Untuk kamu yang ingin menabung atau tidak berani memegang duit terlalu banyak karena takut terpakai kamu bisa menabungkannya dalam ATM. Meskipun tidak semua mesin ATM memiliki fasilitas yang bisa menyetorkan uang, tapi sudah banyak ditemukan di tempat-tempat umum. Hal ini tentunya memudahkan kita dan menghemat waktu dibanding harus menyetorkan uang melalui teller bank.

  1. Transfer yang gampang

Kamu dapat mentransfer duit kamu dengan gampang ke bank yang kamu inginkan. Apalagi jika kamu sering membeli barang di online shop pastinya fitur satu ini sangat membantu. Belanja melalui online memang menuntut untuk melakukan transaksi tanpa bertatap muka, dalam hal ini berarti kita harus membayar dengan cara transfer.

  1. Membayar tagihan rutin

Sekarang kamu tidak perlu lagi membayar tagihan secara langsung. Tinggal pergi ke ATM kamu dapat membayarkan tagihan kamu dengan lancar. PAM, PLN, Internet ataupun tagihan lainnya banyak tersedia di ATM tinggal pilih dan klik.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Kartu Debit

“Kartu bank yang dapat digunakan untuk membayar suatu transaksi dan/atau menarik sejumlah dana atas beban rekening pemegang kartu yang bersangkutan dengan menggunakan PIN (personal identification number) (`debit card).”

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo