• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Ates

Pernyataan tertulis di bawah sumpah untuk menjadi saksi di pengadilan (attest).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Ates?

Dalam akuntansi ada yang disebut dengan ates, ates dalam konteks ini adalah tinjauan independen atas laporan keuangan perusahaan yang dilakukan oleh akuntan publik bersertifikat lalu, akuntan publik bersertifikat tersebut memberikan laporan pengesahan dengan kesimpulan tentang keabsahan data.

Fungsi Ates

Ates memiliki fungsi untuk melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan suatu entitas oleh pihak ketiga, di mana hasilnya adalah sertifikasi formal pihak ketiga yang laporan keuangannya menyajikan hasil keuangan dan posisi keuangan entitas secara wajar. Fungsi pengesahan adalah peran utama akuntan publik bersertifikat. Tanpa fungsi pengesahan, komunitas investasi tidak akan memiliki cara untuk memverifikasi bahwa laporan keuangan perusahaan tempat mereka berinvestasi secara akurat.

Memahami Layanan Ates

Di bidang keuangan, layanan ates adalah menyatakan apa yang sudah dikerjakan akuntan publik bersertifikat bahwa angka-angka tersebut akurat dan dapat diandalkan. Karena layanan ini diselesaikan oleh pihak independen, itu memvalidasi informasi keuangan yang disiapkan oleh akuntan internal.

Ada tiga jenis fungsi ates, antara lain pemeriksaan komprehensif, tinjauan pemeriksaan yang diselesaikan oleh pihak lain, dan pemeriksaan parsial yang terbatas pada analisis prosedur tertentu.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Akuntan

"n ahli akuntansi yang bertugas menyusun, membimbing, mengawasi, menginspeksi, dan memperbaiki tata buku serta administrasi perusahaan atau instansi pemerintah."

Selengkapnya

Laporan Keuangan

“Segala sesuatu yang dilaporkan; berita.”

Selengkapnya

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo