• Produk
  • Promo
  • Artikel

Asset Under Management

Apa itu Asset Under Management?

Asset under management (AUM) adalah total nilai pasar dari investasi yang dikelola seseorang atau entitas atas nama klien. Aset di bawah definisi dan formula manajemen berbeda-beda menurut perusahaan.

Dalam perhitungan AUM, beberapa lembaga keuangan memasukkan deposito bank, reksadana, dan uang tunai dalam perhitungannya. Yang lain membatasinya hanya untuk dana di bawah manajemen diskresioner, dimana investor memberikan wewenang kepada perusahaan untuk berdagang atas namanya.

Secara keseluruhan, AUM hanya satu aspek yang digunakan dalam mengevaluasi perusahaan atau investasi. Ini juga biasanya dipertimbangkan dalam hubungannya dengan kinerja manajemen dan pengalaman manajemen. Namun, umumnya, investor dapat mempertimbangkan arus masuk investasi yang lebih tinggi dan perbandingan AUM yang lebih tinggi sebagai indikator positif kualitas dan pengalaman manajemen.

Mengapa AUM Penting?

Manajemen perusahaan akan memantau AUM karena berkaitan dengan strategi investasi dan aliran produk investor dalam menentukan kekuatan perusahaan. Perusahaan investasi juga menggunakan aset yang dikelola sebagai alat pemasaran untuk menarik investor baru. AUM dapat membantu investor mendapatkan indikasi ukuran operasi perusahaan relatif terhadap para pesaingnya.

AUM juga dapat menjadi pertimbangan penting untuk perhitungan biaya. Banyak produk investasi membebankan biaya manajemen yang merupakan persentase tetap dari aset yang dikelola. Juga, banyak penasihat keuangan dan manajer uang pribadi membebani klien persentase dari total aset yang mereka kelola. Biasanya, persentase ini menurun ketika AUM meningkat; dengan cara ini, para profesional keuangan ini dapat menarik investor.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Buku Besar Aset

“buku besar pembantu yang mencatat semua transaksi yang terjadi atas semua perkiraan yang berhubungan dengan aset yang diklasifikasikan ke dalam debit dan kredit; penggunaan buku besar pembantu tersebut bergantung pada besar kecilnya perusahaan dan kompleksitas sistem akuntansi yang dianut, dapat terdiri atas satu buku besar pembantu untuk mencatat seluruh aset atau beberapa buku besar pembantu untuk aset yang berbeda-beda, misalnya aset tetap (asset ledger)”

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Reksa Dana

"Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham, obligasi, dan instrumen pasar uang."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo