• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Asosiasi Kartu Bank

Asosiasi lembaga keuangan yang menerbitkan atau menjadi agen kartu kredit; di Indonesia dikenal dengan nama Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) (Bank Card Association).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Asosiasi Kartu Kredit Bank?

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang umum digunakan oleh masyarakat. Perkembangan kartu kredit yang kian pesat ini pun mendapatkan dukungan, perhatian, serta pengawasan dari Asosiasi Kartu Bank Indonesia atau AKKI. AKKI adalah organisasi yang dibentuk dengan tujuan untuk membangun industri kartu kredit di Indonesia agar sehat dan bertanggung jawab bagi semua pihak, baik dari pemegang kartu (nasabah), penerbit, principle kartu kredit (Visa, MasterCard, American Express, dll), hingga merchant, dan semua pihak yang terkait. 

Peran Asosiasi Kartu Kredit Bank Indonesia

Peran AKKI memang tidak secara langsung, melainkan melalui anggotanya yang merupakan penerbit kartu kredit. Misalnya saja edukasi mengenai PIN kartu kredit, menyediakan otentikasi untuk transaksi e-commerce, penanganan kasus-kasus fraud yang terjadi di merchant, penanganan masalah gesek tunai (gestun), hingga surcharge. 

Asosiasi Kartu Kredit Indonesia juga berperan dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam transaksi kartu kredit bagi pemegang kartu dan merchant. AKKI juga bekerja sama dengan Criminal Justice System (CJS) seperti pihak Kepolisian, Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung. Selain itu, AKKI juga berperan dalam mendukung proses pembuatan RUU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik), membuat proses penegakan hukum menjadi lebih baik dalam penanganan kasus-kasus penyalahgunaan kartu pembayaran, termasuk kartu kredit.

Tujuan Asosiasi Kartu Kredit Bank Indonesia

Menciptakan suasana yang kondusif bagi semua stakeholder dalam membentuk lingkungan transaksi elektronik pada umumnya dan transaksi dengan menggunakan kartu kredit khususnya. Selain itu, AKKI juga mempunyai misi untuk meningkatkan transaksi elektronik kartu kredit dengan menciptakan metode transaksi yang baru untuk kebutuhan transaksi masyarakat Indonesia serta mengurangi risiko finansial bagi stakeholder

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Kartu Kredit

“Kartu yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit yang memberikan hak kepada orang yang memenuhi persyaratan tertentu yang namanya tertera dalam kartu untuk menggunakannya sebagai alat pembayaran secara kredit atas perolehan barang atau jasa, atau untuk menarik uang tunai dalam batas kredit sebagaimana telah ditentukan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit; dalam melaksanakan pembayaran kembali kredit tersebut, pemegang kartu tidak diwajibkan untuk melakukan pembayaran sekaligus, tetapi diberikan kelonggaran untuk membayar secara angsuran dengan tingkat bunga tertentu dan nilai angsuran sebesar persentase tertentu dari saldo kredit yang telah, digunakan (credit card).”

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Kartu Debit

“Kartu bank yang dapat digunakan untuk membayar suatu transaksi dan/atau menarik sejumlah dana atas beban rekening pemegang kartu yang bersangkutan dengan menggunakan PIN (personal identification number) (`debit card).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo