• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Aset Tak-Likuid

Aset Tak Likuid adalah aset atau aktiva yang tidak mudah dijual tunai, misalnya pinjaman di pasar sekunder yang terbatas; namun, pinjaman seperti ini dapat dijual dengan diskonto dan harga nominal; termasuk dalam pengertian ini adalah aktiva yang tidak diperhitungkan ke dalam modal bank, seperti halnya realestat yang diperoleh dengan pembayaran di muka dan surat berharga yang tidak dapat diperjualbelikan (illiquid) tak likuid - ketaklikuidan keuangan: perusahaan yang tidak mempunyai cukup dana untuk memenuhi kewajiban yang telah jatuh tempo; Investasi: aset yang tidak dapat segera dicairkan, seperti saham, obligasi, atau komoditas yang tidak diperdagangkan secara aktif dan akan sulit untuk dijual sekaligus tanpa menderita rugi atau kerugian (illiquidity).

MediaBPR

Aset yang tidak mudah diuangkan; aset seperti antara lain, berupa gedung dan mesin (illiquid asset).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Aset Tak-Likuid?

Aset tak-likuid adalah aset atau yang tidak gampang dicairkan atau diuangkan. Bukan berarti sama sekali tidak bisa diuangkan, namun untuk mengkonversikan aset tak-likuid menjadi uang dibutuhkan waktu untuk menunggu. Lalu berapa lama waktu untuk mencairkan aset tak-likuid? Itu tergantung beberapa faktor. Misalnya, ketersediaan pembeli atau peminat aset yang akan dijual. 

Aset tak-likuid disebut juga sebagai aset nonlikuid. Tipe aset ini merupakan kebalikan dari aset moneter yang memiliki tingkat likuiditas tinggi karena mudah dan cepat untuk dicairkan. Likuiditas adalah ukuran yang digunakan untuk menggambarkan seberapa cepat suatu aset bisa dikonversikan menjadi uang. Dari namanya saja kita bisa melihat, jenis aset ini tentunya memiliki tingkat likuiditas rendah, bahkan tidak likuid.

Contoh Aset Tak-Likuid

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa aset tak-likuid adalah aset yang membutuhkan waktu untuk dikonversikan menjadi uang. Lalu, apa saja yang termasuk dalam aset tak-likuid? Jenis aset ini umumnya terdapat dalam bisnis real estat atau properti, misalnya:

  • Rumah

Rumah atau perumahan merupakan aset tak-likuid, ini karena dibutuhkan waktu yang tidak sebentar agar rumah bisa bisa laku terjual sehingga penjual bisa mendapatkan uang.

  • Apartemen

Walaupun bisnis apartemen sedang melonjak, namun aset ini tidak serta merta dengan mudah dicairkan. Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengkonversikan apartemen menjadi uang.

  • Tanah

Tanah memang aset tak-likuid. Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menikmati hasil dari jenis investasi ini. Akan tetapi, nilai aset ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Jadi, semakin lama aset ini disimpan, semakin mahal harganya.

  • Saham

Walaupun tidak termasuk ke dalam aset properti, saham juga termasuk ke dalam jenis aset tak-likuid. Ini karena kepemilikan saham tidak serta merta bisa diuangkan begitu saja.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Likuiditas

"/li·ku·i·di·tas/"

Selengkapnya

Real Estat

"tanah dan semua bangunan fisik, termasuk semua benda yang melekat pada tanah tersebut, seperti gedung, pohon, dan pagar (real estate)."

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo