• Produk
  • Promo
  • Artikel

Aset Moneter

Uang atau hak untuk menerima uang yang jumlahnya sudah pasti atau dapat ditentukan tanpa dikaitkan dengan harga barang-barang dan jasa pada masa datang (monetary asset).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Aset Moneter?

Aset moneter adalah harta atau kekayaan yang bisa dengan segera dikonversikan ke dalam bentuk uang. Sedangkan aset non moneter, harus memerlukan jangka waktu dulu untuk pencairannya. Singkat kata, aset moneter adalah aset yang mudah diuangkan. Ini karena, aset moneter memiliki tingkat likuiditas tinggi. Tingkat likuiditas ini adalah ukuran yang digunakan untuk menggambarkan seberapa cepat suatu aset bisa dikonversikan menjadi uang.

Contoh Aset Moneter

Seperti yang sudah dipahami sebelumnya, aset moneter adalah aset yang mudah dan cepat dalam pencairannya. Berikut adalah contoh aset moneter:

  • Deposito

Deposito adalah produk tabungan berjangka yang dikeluarkan oleh bank. Sebenarnya diperlukan jangka waktu untuk menarik uang di deposito, namun nasabah bisa langsung menariknya dengan catatan nasabah tidak akan mendapatkan bunga deposito tersebut.

  • Kas

Kas merupakan aktiva lancar berupa uang yang disimpan dalam rekening bank atau tempat lain. Sudah pasti, aset kas mudah dicarikan karena kas berupa uang itu sendiri.

  • Investasi dalam Obligasi

Obligasi merupakan surat pernyataan utang. Bahkan negara sendiri menerbitkan obligasi yang diperuntukan sebagai investasi. Sama seperti deposito, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dibutuhkan jangka waktu tertentu untuk menjual obligasi. Namun bukan berarti obligasi tidak bisa dengan segera diuangkan.

  • Piutang Wesel

Piutang wesel atau yang dikenal juga sebagai wesel tagih adalah bukti utang satu perusahaan ke perusahaan lain. Perusahaan yang memiliki piutang (yang memberikan utang) menjadikan piutang wesel aset. Dan aset ini bisa ditagihkan (dicairkan) sesuai waktu perjanjian kedua perusahaan. Akan tetapi untuk segera mencairkan aset ini tanpa menunggu waktu perjanjian bisa dipindahtangankan ke pihak lain atau didiskontokan ke bank.

  • Piutang Dagang

Piutang dagang adalah bentuk tagihan suatu perusahaan ke pelanggannya akan terjualnya produk perusahaan secara kredit tanpa surat perjanjian formal. Piutang dagang ini bisa dialihkan ke lembaga keuangan untuk pencairan yang lebih cepat.

  • Inventaris

Inventaris berupa bahan baku atau alat produksi juga termasuk aset moneter. Ini karena inventaris dapat sewaktu-waktu dijual demi mendapatkan uang tunai dengan segera.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Kebijakan Moneter

“Peraturan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh otoritas moneter untuk mengontrol uang beredar, inflasi, dan untuk memelihara stabilitas ekonomi suatu negara; hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara, seperti perubahan suku bunga, operasi pasar terbuka serta rasio amandemen cadangan aset dan simpanan tertentu (monetary policy).”

Selengkapnya

Harta

"n barang (uang dan sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang."

Selengkapnya

Deposito Berjangka

“Simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank (time deposit).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo