• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Asas Tunai

Pencatatan pendapatan dan pengeluaran yang dilakukan saat penerimaan atau pengeluaran tunai tanpa memperhatikan tanggal transaksinya; asas kas; dasar tunai (cash basis).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Asas Tunai?

Asas Tunai atau cash basis adalah proses pencatatan transaksi akuntansi dimana transaksi dicatat pada saat menerima kas atau pada saat mengeluarkan kas. Pada cash basis, pendapatan dicatat pada saat menerima kas, sedangkan biaya dicatat pada saat mengeluarkan kas.

Pendapatan dan beban akan dilaporkan dalam laporan laba rugi dalam periode dimana uang kas diterima (untuk pendapatan) atau uang kas dibayarkan (untuk beban). Jadi, dapat disimpulkan di sini bahwa transaksi pendapatan dan beban yang akan dilaporkan dalam laporan laba rugi adalah transaksi-transaksi yang melibatkan arus uang kas masuk (untuk pendapatan) ataupun arus uang kas keluar (untuk beban).

Pada cash basis ini pendapatan tidak akan dicatat meskipun barang atau jasa sudah diberikan pada customer. Pendapatan tersebut baru diakui ketika pelanggan membayar sejumlah uang ataupun kas kepada perusahaan.

Kelebihan dan Kelemahan Asas Tunai

Proses pencatatan cash basis pun tidak lepas dari kelebihan dan kelemahannya sendiri. Misalnya saja dalam hal kelebihan metode cash basis: pendapatan langsung bisa diakui ketika kas diterima dan risiko pendapatan tidak tertagih menjadi tidak ada. Sementara, kelemahan cash basis antara lain informasi yang tidak akurat karena tidak menunjukkan posisi keuangan yang semestinya serta berdampak pada kebijaksanaan manajemen yang akan sulit dilakukan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Kas

Uang kartal yang tersedia bagi suatu usaha terdiri atas uang kertas bank dan uang logam, yang merupakan alat pembayaran yang sah; dalam perusahaan bukan bank, cek, wesel, dan surat berharga lain yang dapat segera dijadikan uang diperhitungkan juga sebagai kas (cash).

Selengkapnya

Pengeluaran

“Proses, cara, perbuatan mengeluarkan (menghasilkan); belanja.”

Selengkapnya

Pendapatan

"n: Hasil kerja (usaha dan sebagainya); pencarian: ~nya sebulan tidak mencukupi."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo