• Produk
  • Promo
  • Artikel

Asas Subrogasi

Prinsip yang menyatakan bahwa penanggung berhak mendapatkan pembayaran kembali atas ganti rugi yang telah diberikan penanggung kepada kreditur (principle of subrogation).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Asas Subrogasi?

Aturan soal subrogasi bisa dilihat dalam Pasal 1400 KUHPerdata. Dalam pasal tersebut subrogasi adalah penggantian hak-hak oleh seorang pihak ketiga yang membayar kepada kreditur.

Jadi, bisa dibilang subrogasi adalah prinsip asuransi yang memberikan hak penuntutan ganti rugi dari tertanggung kepada penanggung atau hak untuk meminta penggantian ganti rugi kepada pihak ketiga yang menyebabkan terjadinya kerugian.

Subrogasi umumnya diterapkan dalam polis asuransi kendaraan serta pada klaim polis properti/kecelakaan dan perawatan kesehatan.

Penerapan Subrogasi

Kasus umum yang berkaitan dengan subrogasi, biasanya perusahaan asuransi secara langsung membayar klaim kliennya untuk suatu kerugian, kemudian meminta penggantian dari pihak lain.

Klien yang diasuransikan menerima pembayaran dengan segera oleh perusahaan asuransinya; kemudian perusahaan asuransi dapat mengajukan klaim subrogasi terhadap pihak yang bersalah atas kerugian tersebut.

Polis asuransi lazimnya memberikan hak kepada perusahaan asuransi, setelah kerugian dibayarkan pada klaim, untuk meminta ganti rugi dari pihak ketiga jika pihak tersebut menyebabkan kerugian.

Hak subrogasi secara mutlak bisa diminta oleh pihak asuransi apabila kerugian yang terjadi disebabkan oleh tindakan kelalaian pihak ketiga.

Namun, tidak semua hak subrogasi bisa dilakukan karena perusahaan asuransi memiliki pertimbangan tersendiri untuk menggunakan hak subrogasinya atau tidak.

Pokok Pertanggungan

  1. Dalam klaim yang dianggap sebagai kerugian total, tertanggung akan menerima ganti rugi penuh
  2. Apabila terdapat sisa barang (salvage), maka sisa barang itu akan menjadi milik penanggung setelah klaim atas kerugian tersebut dibayar. 
  3. Sisa barang yang mempunyai nilai ekonomis bisa dijual dan merupakan Claim Recovery, yang juga merupakan salah satu hak subrogasi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Asuransi

"Perjanjian antara penanggung dan tertanggung, yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga (insurance)."

Selengkapnya

Asas Ganti Rugi

Prinsip yang menyatakan bahwa tertanggung hanya berhak atas penggantian setinggi-tingginya sebesar kerugian yang nyata-nyata dideritanya (principle of indemnity).

Selengkapnya

Klaim

"Permintaan ganti rugi dari tertanggung, kepada penanggung sesuai dengan kerugian yang dipertanggungkan berdasarkan polisnya (claim)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo