• Produk
  • Promo
  • Artikel

Asas Ganti Rugi

Prinsip yang menyatakan bahwa tertanggung hanya berhak atas penggantian setinggi-tingginya sebesar kerugian yang nyata-nyata dideritanya (principle of indemnity).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Asas Ganti Rugi?

Principle of indemnity atau prinsip ganti rugi dirancang untuk menempatkan seseorang/pihak yang diasuransikan pada posisi keuangan yang sama dengan sebelum menderita kerugian.

Biasanya Asas Ganti Rugi berkaitan erat dengan insurable interest, karena adanya subject matter of insurance (hal yang diasuransikan). 

Misalnya saja dalam prinsip polis asuransi umum, jika kerugian yang dialami bernilai 50 juta, perusahaan asuransi hanya akan membayar klaim senilai 50 juta, meskipun batas maksimal uang pertanggungan yang dimiliki pemegang asuransi mencapai 100 juta.

Penerapan Asas Ganti Rugi

Semua kontrak asuransi adalah kontrak ganti rugi (kecuali asuransi jiwa dan kecelakaan diri, karena nyawa atau anggota tubuh tidak dapat dinilai dari segi uang. Secara hukum kedua jenis asuransi ini tidak dimasukkan di dalam ruang lingkup asas ganti rugi). 

Teorinya, tiap polis yang dimiliki nasabah dapat dimintakan klaim dalam jumlah berapapun sesuai dengan semua uang pertanggungan yang tercantum dalam semua polis tersebut. Tapi secara hukum, selain harus mengikuti asas ganti rugi, perusahaan asuransi akan selalu mengawasi dan memeriksa untuk mencegah kemungkinan adanya fraud atau penyelewengan klaim asuransi. 

Metode Ganti Rugi

Terdapat empat metode yang bisa diterapkan oleh perusahaan asuransi dalam mengganti rugi. Biasanya metode ini telah dinyatakan dalam polis, metode tersebut antara lain:

1. Pembayaran Tunai

Dalam pemberian kompensasi, metode ini lah yang biasanya paling umum digunakan. Perusahaan asuransi memberikan sejumlah uang tunai kepada nasabah yang diasuransikan sebagai kompensasi atas kerugian yang menimpa diri mereka. 

2. Perbaikan

Metode ini biasanya dilakukan oleh perusahaan asuransi yang menanggung kendaraan, biasanya juga memiliki biaya yang lebih rendah. Perusahaan asuransi kendaraan bekerja sama dengan bengkel yang terpercaya untuk memperbaiki kendaraan tertanggung.

3. Penggantian

Menyelesaikan klaim dengan penggantian juga dilakukan oleh perusahaan asuransi, misalnya saja perusahaan asuransi yang mengganti.

4. Pemulihan 

Metode pemulihan biasanya digunakan dalam kasus properti, jadi tertanggung biasanya berbentuk bangunan atau mesin. Dalam metode pemulihan ini, perusahaan asuransi melakukan perbaikan atau membangun properti atau mesin yang rusak karena adanya musibah.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pailit

"debitur yang mempunyai dua atau lebih kreditur dan tidak membayar sedikitnya satu utang yang telah jatuh tempo dan dapat ditagih, dinyatakan pailit dengan putusan pengadaan yang berwenang, baik atas permohonannya sendiri maupun atas permintaan seorang atau lebih krediturnya; apabila debitur merupakan bank, permohonan pernyataan pailit hanya dapat diajukan oleh Bank Indonesia; sin. bangkrut (bankrupt)."

Selengkapnya

Asuransi

"Perjanjian antara penanggung dan tertanggung, yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga (insurance)."

Selengkapnya

Asuransi Segala Risiko

“Asuransi yang pertanggungannya mencakup segala macam risiko, kecuali bahaya yang secara tegas dinyatakan tidak ditanggung.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo