• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Asas Dasar Penilaian

Opini yang berdasarkan fakta atau bukti dengan memperhatikan hal-hal yang tersirat; misalnya, tingkat pengetesan audit yang diminta pada situasi tertentu bergantung kepada penilaian auditor tentang kualitas sistem internal kontrol (judgement).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Asas Dasar Penilaian?

Dalam auditing, asas dasar penilaian (judgement) adalah kebijakan auditor dalam memberikan pendapat atas informasi yang ditemukan di sepanjang proses audit, yang mengacu pada ide, gagasan atau estimasi tentang peristiwa yang terjadi pada objek audit. Hasil yang dikeluarkan oleh seorang auditor harus dapat memberikan informasi dan bukti yang benar sehingga penilaian audit yang disampaikan akan benar atau sesuai.

Fungsi Asas Dasar Penelitian (Judgement)

Judgement diperlukan karena audit tidak dilakukan terhadap seluruh bukti. Bukti inil yang digunakan untuk menyatakan pendapat atas laporan keuangan auditan, sehingga dapat dikatakan bahwa audit judgement ikut menentukan hasil dari pelaksanaan audit. 

Apa yang Mempengaruhi Asas Dasar Penilaian?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi Asas Dasar Penilaian (Judgement):

1. Pengalaman Auditor

Pengalaman auditor merupakan akumulasi gabungan semua yang diperoleh dari semua yang telah dikerjakannya. Pengalaman dapat memberikan peluang bagi seseorang untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik dari yang sebelumnya. Makin banyak pengalaman, makin terampil pula mengerjakan pekerjaan mereka. 

2. Pengetahuan Auditor

Dalam mendeteksi sebuah kesalahan, seseorang auditor harus didukung dengan pengetahuan tentang apa dan bagaimana kesalahan tersebut terjadi. Secara umum seorang auditor harus memiliki pengetahuan-pengetahuan mengenai General Auditing, Functional Area, Computer Auditing, Accounting Issue, Specific Industri, General World Knowledge (pengetahuan umum), dan Problem Solving Knowledge.

3. Tekanan Ketaatan

Dalam hal ini tekanan ketaatan diartikan sebagai tekanan yang diterima oleh auditor junior dari auditor senior atau atasan dan entitas yang diperiksa untuk melakukan tindakan yang menyimpang dari standar etika dan profesionalisme. Tekanan dari atasan maupun entitas yang diperiksa juga dapat memberikan pengaruh yang buruk seperti hilangnya profesionalisme dan hilangnya kepercayaan publik dan kredibilitas sosial. 

4. Kompleksitas Tugas

Tugas yang tidak terstruktur, sulit untuk dipahami dan ambigu juga dapat mempengaruhi penilaian. Di sinilah pengalaman dan pengetahuan auditor harus dapat diandalkan. 

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Auditor

"au.di.tor"

Selengkapnya

Pengawasan Tak-Langsung

Kegiatan pemantauan operasional bank yang dilakukan dengan melakukan analisis terhadap seluruh laporan yang disampaikan oleh bank kepada Bank Indonesia (off-site supervision).

Selengkapnya

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo