• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Arus Modal Masuk

/·a·rus/ /mo·dal/ /ma·suk/

“Perpindahan modal investasi dari luar negeri ke dalam negeri (net capital inflow)”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Arus Modal Masuk?

Arus Modal Masuk adalah aliran dana bersih yang diinvestasikan ke luar negeri pada periode waktu tertentu (biasanya satu tahun). NCO positif berarti bahwa negara berinvestasi di luar lebih dari yang diinvestasikan dunia. Arus Modal Masuk juga memiliki arti sebagai peningkatan jumlah uang yang tersedia dari sumber eksternal atau asing untuk pembelian aset modal lokal seperti bangunan, tanah, mesin.

Capital inflow atau arus modal masuk merupakan transaksi penjualan aset kepada luar negeri. Aliran modal masuk asing (capital inflow) dapat terjadi dalam bentuk investasi langsung (foreign direct investment), investasi portofolio. Investasi langsung merupakan investasi yang dilakukan secara langsung atau riil, misalnya membangun gedung, pabrik dan dengan dalam jangka waktu panjang . Investasi portofolio (portofolio investment) merupakan investasi yang dilakukan tidak secara langsung namun dalam bentuk aset finansial, seperti saham dan obligasi.

Fungsi Arus Modal Masuk

Arus modal masuk memiliki manfaat untuk memberi tekanan pada dimensi ekonomi makro di suatu negara dan menghambat investasi asing dan domestik. Alasan pelarian modal termasuk kerusuhan politik, pengenalan kebijakan pasar yang membatasi, ancaman terhadap kepemilikan properti dan tingkat bunga domestik yang rendah.

Perberbedaan antara Capital inflow dan capital outflow

  • Capital Inflow, disebut investasi sebagai langsung dalam ekonomi pelaporan, termasuk semua kewajiban dan aset yang ditransfer antara perusahaan investasi langsung penduduk dan investor langsung mereka. Ini juga mencakup transfer aset dan kewajiban antara perusahaan yang bertempat tinggal dan yang tidak residen, jika orang tua pengendali utama adalah bukan penduduk.

  • Capital Outflow, disebut sebagai investasi langsung di luar negeri, termasuk aset dan kewajiban yang ditransfer antara investor langsung penduduk dan perusahaan investasi langsung mereka. Ini juga mencakup transfer aset dan kewajiban antara sesama dan non-residen perusahaan, jika orang tua pengendali utama adalah penduduk. Investasi langsung keluar juga disebut investasi langsung di luar negeri.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Arus Kas

/·a·rus/ /·kas·/

Selengkapnya

Pendapatan

"n: Hasil kerja (usaha dan sebagainya); pencarian: ~nya sebulan tidak mencukupi."

Selengkapnya

Profitabilitas

"Kemampuan kemungkinan untuk mendatangkan keuntungan (memperoleh laba)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo