• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Arus Kas Terdiskonto

“nilai yang diharapkan dari suatu penerimaan dan pengeluaran kas, dihitung dengan menggunakan nilai kini atau tingkat pengembalian hasil dan menjadi faktor dalam analisis, baik investasi modal maupun investasi sekuritas (discounted cash flow).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Arus Kas Terdiskonto?

Arus Kas Terdiskonto atau Discounted Cash Flow (DCF) adalah teknik pembuatan model keuangan yang didasarkan pada asumsi mengenai prospek pendapatan dan biaya atas suatu properti atau usaha. Pembuatan asumsi tersebut berkaitan dengan kuantitas, kualitas, variabilitas, waktu serta durasi arus kas masuk dan arus kas keluar yang didiskontokan ke nilai kini.

Konsep DCF ini didasarkan pada pemikiran bahwa jika anda menginvestasikan sejumlah dana, maka dana tersebut akan tumbuh sebesar sekian persen atau mungkin sekian kali lipat setelah beberapa waktu tertentu. Disebut ‘discounted cash flow’ atau ‘arus kas yang terdiskon’, karena cara menghitungnya adalah dengan meng-estimasi arus dana dimasa mendatang untuk kemudian di-cut dan menghasilkan nilai dana tersebut pada masa kini.

Macam-macam Tingkat Diskonto

  1. Arus Kas Ganda – Nilai Mendatang (Multiple Cash Flow - Future Flow)
    Kas ganda adalah arus kas yang terdiri dari lebih satu periode. Arus kas ini berguna untuk mengetahui nilai investasi di masa mendatang.

  2. Arus Kas Berganda - Nilai Sekarang (Multiple Cash Flow - Present Value)
    Arus kas ini berguna untuk mengetahui nilai kas yang kita miliki beberapa tahun lalu dengan nilai investasi yang kita miliki saat ini.

  3. Keputusan Atas Dasar Arus Kas Terdiskonto
    Jika nilai sekarang dari investasi tersebut negative (artinya nilai sekarang dari pengeluaran dana lebih besar dari nilai sekarang dari dana yang diterima) maka anda tidak akan mengambil investasi tersebut, begitu sebaliknya (jika positif)

  4. Anuitas dan Perpetuitas
    Anuitas - Rangkaian terbatas dari pembayaran dalam nilai yang sama yang terjadi pada selang waktu yang tetap
    Perpetuitas - Rangkaian tidak terbatas dari pembayaran dalam nilai yang sama.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Arus Kas

/·a·rus/ /·kas·/

Selengkapnya

Diskon

“n potongan harga”

Selengkapnya

Anggaran Kas

“anggaran penerimaan dan pengeluaran kas untuk suatu periode yang akan datang; anggaran tersebut membantu manajemen untuk mengamankan keseimbangan penerimaan dan pengeluaran kas sesuai dengan kewajaran (cash budget)”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo