• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Arbitrasi

/ar·bit·ra·si

“Pemerolehan keuntungan dengan pembelian surat berharga, mata uang, atau komoditas pada harga yang rendah di suatu pasar dan serentak menjual pada pasar yang lain dengan harga yang lebih tinggi; aktivitas tersebut mengurangi perbedaan antar pasar (arbitrage)”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Arbitrase ?

Arbitrase adalah bentuk penyelesaian sengketa. Arbitrase adalah penentuan perselisihan peradilan yang dilakukan secara pribadi oleh pihak ketiga yang independen. Sidang arbitrase dapat melibatkan penggunaan arbiter individu atau pengadilan. Pengadilan dapat terdiri dari sejumlah arbiter meskipun beberapa sistem hukum bersikeras pada nomor ganjil untuk alasan yang jelas ingin menghindari dasi. Satu dan tiga adalah jumlah arbiter yang paling umum. Para pihak yang berselisih menyerahkan kekuasaan mereka untuk memutuskan perselisihan kepada arbiter. Arbitrase merupakan alternatif untuk tindakan pengadilan (litigasi), dan secara umum, sama final dan mengikat (tidak seperti mediasi, negosiasi dan konsiliasi yang tidak mengikat).

Manfaat dari Arbitrase

  1. Arbitrase bersifat pribadi: Proses arbitrase termasuk persidangan lisan, ini tidak terbuka untuk umum. Para pihak dan arbiter sering kali terikat oleh aturan kerahasiaan yang ketat. Dengan demikian, rahasia bisnis dan informasi sensitif dapat dilindungi dari publik, media,atau pesaing.
  2. Arbiter adalah ahli: Para pihak dapat dengan bebas memilih arbiter mereka selama mereka memiliki sifat yang tidak memihak dan independen. Arbiter dapat dipilih dari berbagai negara dan bidang profesional. Ini menjamin keahlian profesional dan pribadi dari mereka yang memutuskan perselisihan.
  3. Arbitrase dapat menghemat waktu dan biaya: Prosedur yang dibuat khusus dan tidak adanya proses banding dan / atau peninjauan memberikan peluang untuk proses arbitrase diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat. Biaya lebih lanjut dapat dihemat dengan memilih bahasa dan / atau tempat yang cocok yang pada gilirannya menghindari terjemahan yang tidak perlu dan / atau biaya perjalanan.

 

Keuntungan dari Arbitrase

  • Pilihan Pembuat Keputusan biasanya para pihak dapat memilih orang teknis sebagai arbiter jika perselisihan bersifat teknis sehingga bukti akan lebih mudah dipahami.
  • Arbitrase biasanya dapat didengar lebih cepat daripada yang dibutuhkan untuk proses pengadilan. Selain itu, sidang arbitrase harus lebih pendek, dan persiapannya tidak terlalu menuntut.
  • Privasi dalam sidang arbitrase bersifat rahasia, pertemuan pribadi dimana media dan anggota masyarakat tidak dapat hadir. Selain itu, keputusan akhir tidak dipublikasikan, juga tidak dapat diakses secara langsung. Ini sangat berguna bagi majikan yang tidak ingin 'cucian kotornya' dipublikasikan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Negosiasi

"/ne·go·si·a·si/ /"

Selengkapnya

Anggaran

"anggaran/ang·gar·an/"

Selengkapnya

Auditor

"au.di.tor"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo