• Produk
  • Promo
  • Artikel

Arbitrasi Wesel

“Tindakan yang dilakukan oleh debitur untuk membayar utangnya di negara lain dengan menggunakan wesel dengan harapan memberikan pengeluaran yang serendah-rendahnya melalui pemanfaatan perubahan nilai tukar mata uang yang terjadi di pusat pasar uang dunia (arbitration of exchange)”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Arbitrasi Wesel?

Arbitrase Wesel adalah cara penyelesaian sengketa perdata bidang perbankan dan yang terkait bidang perbankan di luar peradilan umum yang didasarkan pada Perjanjian Arbitrase, yang dibuat secara tertulis oleh Para Pihak yang bersengketa dan dibayar atau diselesaikan menggunakan wesel.

Pada dasarnya cara penyelesaian sengketa perdata dengan arbitrase bertujuan untuk mengatasi masalah makro, baik di dalam negeri maupun manca negara. Dalam hukum Indonesia, kedudukan dan penjelasan arbitrase disebutkan dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 1970 yang mengatur pokok-pokok kekuasaan kehakiman.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Arbitrasi

/ar·bit·ra·si

Selengkapnya

Arbitrase

"n (Dag): pembelian dan penjualan secara simultan atas barang yang sama di dalam dua pasar atau lebih dengan harapan akan memperoleh laba dari perbedaan harganya."

Selengkapnya

Asuransi

"Perjanjian antara penanggung dan tertanggung, yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga (insurance)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo