• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Anuitas Sederhana

Anuitas dengan jangka waktu bunga atau premi yang bertepatan dengan jangka waktu pembayaran berkala (simple annuity; ordinary annuity).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Anuitas Sederhana?

Anuitas sederhana adalah serangkaian pembayaran yang sama yang dilakukan pada akhir periode berturut-turut selama jangka waktu yang tetap. Sementara pembayaran dalam anuitas dapat dilakukan sesering setiap minggu, dalam praktiknya, pembayaran anuitas biasa dilakukan setiap bulan, triwulanan, setengah tahunan atau tahunan. Beberapa contoh pembayaran anuitas sederhana yaitu pembayaran bunga setengah tahunan untuk obligasi, atau pembayaran dividen triwulan atau tahunan. Kebalikan dari anuitas sederhana adalah anuitas jatuh tempo, yaitu ketika pembayaran dilakukan pada awal setiap periode.

Karakteristik Anuitas Sederhana

  • Semua pembayaran dalam jumlah yang sama (seperti serangkaian pembayaran sebesar Rp1.000.000).
  • Semua pembayaran dilakukan pada interval waktu yang sama (seperti sebulan sekali atau kuartal, selama periode satu tahun).
  • Semua pembayaran dilakukan pada akhir setiap periode (seperti pembayaran hanya dilakukan pada hari terakhir bulan itu).

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Anuitas

Anuitas dalam teori keuangan adalah suatu rangkaian penerimaan atau pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala pada jangka waktu tertentu.

Selengkapnya

Jatuh Tempo

“Batas waktu pembayaran atau penerimaan sesuatu dengan yang telah ditetapkan; sudah lewat waktunya; kedaluwarsa.”

Selengkapnya

Angsuran Tetap

"Pembayaran kewajiban dalam jumlah tetap dalam periode tertentu tanpa memperhitungkan jenis, jumlah pemakaian, pembelian, dan sebagainya; sin. tarif tetap."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo