• Produk
  • Promo
  • Artikel

Anggota Sindikasi

/ang·go·ta/ /sin·di·ka·si/

“1) anggota dari suatu kelompok investor (dalam hal ini adalah bank) yang membiayai suatu proyek; 2) anggota dan suatu kelompok investor yang bertindak sebagai penjamin dalam penerbitan saham (syndicate member)”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Anggota Sindikasi ?

Anggota Sindikasi adalah layanan keuangan aliansi profesional sementara yang dibentuk untuk transaksi besar yang akan sulit atau tidak mungkin dilakukan oleh entitas secara individual. Sindikasi memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan sumber daya mereka dan berbagi risiko. Ada berbagai jenis sindikat, termasuk sindikat penjaminan emisi, sindikat perbankan, dan sindikat asuransi.

Anggota sindikasi adalah bank komersial atau investasi yang bertanggung jawab atas penjaminan emisi saham IPO. Anggota sindikat biasanya terdaftar di SEBI atau terdaftar sebagai broker di Bursa Efek BSE / NSE. Mereka bekerja sebagai perantara Perusahaan Emiten dan pembeli saham IPO. Investor mengajukan penawaran untuk saham IPO melalui Anggota Sindikasi yang ditunjuk oleh Perusahaan Penerbit. 

Tujuan dari Anggota Sindikasi

Anggota Sindikasi umumnya dianggap sebagai kemitraan atau korporasi untuk keperluan pajak. Perusahaan dapat membentuk sindikat untuk usaha bisnis tertentu jika menjanjikan potensi tingkat pengembalian yang menarik. Jumlah risiko yang diambil oleh setiap anggota sindikat juga dapat bervariasi. Misalnya, akun yang tidak terbagi dalam sindikat perbankan investasi berarti setiap penjamin emisi dalam sindikat tersebut bertanggung jawab untuk menjual jumlah saham yang dialokasikan bersama dengan setiap kelebihan saham yang tidak dijual oleh sindikat secara keseluruhan.

Anggota Sindikasi juga sering digunakan dalam industri asuransi untuk menyebarkan risiko asuransi di antara beberapa perusahaan. Penjamin asuransi mengevaluasi risiko mengasuransikan orang tertentu atau aset tertentu dan menggunakan evaluasi itu untuk menentukan harga polis asuransi.

Contoh dari Anggota Sindikasi

Anggota Sindikasi dapat dibuat oleh banyak bisnis yang berbeda di berbagai industri. Contohnya adalah perusahaan obat, Dapat menggabungkan pengetahuan penelitian dan pemasaran untuk membuat sindikat dan mengembangkan obat baru. Proyek real estat besar dapat dikembangkan menggunakan sindikat yang dibentuk oleh beberapa perusahaan real estate. Bank akan bersatu untuk membentuk sindikat untuk meminjamkan sejumlah besar uang kepada satu pihak.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Pajak

"/pa·jak/"

Selengkapnya

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo