• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Anggaran

"anggaran/ang·gar·an/"

"Taksiran mengenai penerimaan dan pengeluaran kas yang diharapkan untuk periode yang akan datang;"

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Rencana keuangan terperinci dan terkoordinasi mengenai prakiraan penerimaan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun, sebagai sarana untuk sasaran suatu rencana kerja (budget)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Anggaran?

Anggaran merupakan sebuah rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan dalam sebuah perusahaan atau organisasi untuk jangka waktu / periode tertentu di masa yang akan datang. Karena dinyatakan dalam bentuk unit moneter, anggaran juga sering disebut dengan rencana keuangan. Suatu perusahaan atau organisasi wajib memiliki anggaran, karena memiliki peran penting untuk pemantauan laju pertumbuhan ekonomi internal perusahaan. Anggaran biasanya disusun pada periode awal tahun untuk jangka waktu satu tahun atau lebih.

Fungsi Anggaran dalam Perusahaan atau Organisasi

Anggaran memiliki sejumlah fungsi dalam suatu perusahaan atau organisasi, berikut penjelasan mengenai fungsi anggaran:

  • Fungsi Pelaksanaan. Anggaran menjadi salah satu pedoman dalam pelaksanaan suatu proyek atau pekerjaan, sehingga pekerjaan tersebut dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu, anggaran sangat berperan dalam mengkoordinasi setiap kegiatan yang dilakukan perusahaan atau organisasi.
  • Fungsi Perencanaan. Anggaran juga memiliki fungsi dalam perencanaan. Hal ini dikarenakan anggaran memberikan gambaran dan ilustrasi yang jelas dan menjadi pedoman dalam hal unit moneter untuk melakukan kegiatan-kegiatan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Sehingga perencanaan yang dibuat lebih matang dan terarah sesuai dengan tujuan perusahaan atau organisasi.

Manfaat Anggaran

Anggaran mempunyai banyak manfaat bagi seluruh kegiatan yang dilakukan dalam sebuah perusahaan maupun organisasi, berikut manfaat dari sebuah anggaran:

  • Memotivasi dan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap pegawai.
  • Kegiatan yang dilakukan perusahaan menjadi lebih terarah sesuai dengan tujuan perusahaan.
  • Memanfaatkan peralatan semaksimal mungkin dan menghindari pemborosan dan pembayaran sesuatu yang kurang perlu.
  • Mengetahui kelemahan pada perusahaan atau organisasi.
  • Memiliki sebuah perencanaan yang terpadu.
  • Sebagai pedoman dalam setiap kegiatan perusahaan atau organisasi.
  • Sebagai alat untuk evaluasi kegiatan perusahaan atau organisasi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Kebijakan Fiskal

"Kebijakan mengenai pajak, penerimaan lain, utang-piutang dan pengeluaran pemerintah dengan tujuan tertentu, seperti menunjang kestabilan ekonomi, keseimbangan moneter, peningkatan pembangunan ekonomi, dan perluasan kesempatan kerja (fiscal policy)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo