• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Anggaran Tetap

“anggaran yang tidak akan diubah atau tidak akan disesuaikan dengan perkembangan selama tahun anggaran yang bersangkutan (fixed budget)”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Anggaran Tetap?

Static (fixed) budget adalah budget yang menunjukkan angka (satuan lain) pada kapasitas yang diharapkan. Allowance (cadangan) biasanya di set untuk tujuan tertentu dengan batasan monetary tertentu. Jenis budget ini biasanya dipergunakan pada fase dimana perusahaan sudah mulai relatif stabil. 

Pada prakteknya, fixed (static) budget biasanya dipergunakan untuk bagian perusahaan dimana aktifitasnya tidak berhubungan dengan: sales, production atau yang menggunakan determinasi angka (atau satuan lain) sebagai ukuran. Kerja bagian ini biasanya di tentukan dengan menggunakan keputusan management (bukan dari sales maupun production output-nya).

Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli

Anggaran merupakan titik fokus dari keseluruhan proses perencanaan dan pengendalian.

Siegel (2000)

 

Anggaran adalah rencana rinci tentang perolehan dan penggunaan sumber daya keuangan dan sumber daya lainnya untuk suatu periode tertentu.

 Garrison dan Noreen (2000)

 

Anggaran adalah perencanaan dan pengendalian laba (juga sering disebut penganggaran) diartikan sebagai proses yang ditujukan untuk membantu melaksanakan fungsi-fungsi perencanaan dan pengendalian secara efektif.

 Welsch, Hilton dan Gordon (2000)

 

Anggaran sebagai suatu rencana keuangan periodik yang disusun berdasarkan program-program yang telah disahkan, serta merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang untuk jangka waktu tertentu.

Nafarin (2000)

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Anggaran Fleksible

/ang·gar·an/ /flek·si·bel/

Selengkapnya

Anggaran Modal

/ang·gar·an/ /mo·dal/

Selengkapnya

Anggaran

"anggaran/ang·gar·an/"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo