• Produk
  • Promo
  • Artikel

Anggaran Modal

/ang·gar·an/ /mo·dal/

“Anggaran mengenai penerimaan dan pengeluaran barang modal dalam periode tertentu (capital budget)”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Anggaran Modal ?

Anggaran modal adalah proses usaha yang dilakukan untuk mengevaluasi potensi proyek-proyek besar atau investasi. Pembangunan investasi baru atau investasi luar kemungkinan membutuhkan anggaran modal sebelum disetujui atau ditolak.

Sebagai bagian dari anggaran modal perusahaan dapat menilai dari proyek arus kas prospektif dan menentukan potensi pengembalian yang akan dihasilkan dengan memenuhi target benchmark yang memadai. Proses ini juga dikenal sebagai penilaian investasi.

Anggaran modal atau dikenal juga dengan sebutan anggaran belanja modal adalah cara bagi manajemen perusahaan untuk merencanakan penjualan dan pembelian aset tetap. Biasanya anggaran ini membantu manajemen menganalisis berbagai strategi jangka panjang yang dapat diambil perusahaan untuk mencapai sasaran ekspansi.

Jenis - jenis Anggaran Modal

  1. Analisis Throughput : Analisis throughput adalah bentuk paling rumit dari analisis penganggaran modal tetapi juga yang paling akurat dalam membantu manajer memutuskan proyek mana yang akan dikejar. Dengan metode ini, seluruh perusahaan dianggap sebagai sistem penghasil untung tunggal. Throughput diukur sebagai jumlah material yang melewati sistem itu.
  2. Analisis DCF : Analisis ini adalah  arus kas terdiskonto (DCF) melihat arus kas keluar awal yang diperlukan untuk mendanai suatu proyek, campuran arus kas masuk dalam bentuk pendapatan, dan arus keluar masa depan lainnya dalam bentuk pemeliharaan dan biaya lainnya.
  3. Analisis pengembalian: Analisis pengembalian adalah bentuk paling sederhana dari analisis penganggaran modal tetapi juga yang paling tidak akurat. Ini masih banyak digunakan karena cepat dan dapat memberi manajer "belakang amplop" pemahaman tentang nilai sebenarnya dari proyek yang diusulkan.

Tujuan dan Fungsi Anggaran Modal

Penganggaran modal memiliki tujuan untuk membuat keputusan tentang investasi jangka panjang modal perusahaan ke dalam operasi. Anggaran modal juga merencanakan pengembalian akhirnya atas investasi dalam permesinan, real estat dan teknologi baru adalah semua contoh penganggaran modal. Manajer dapat mengadopsi salah satu dari beberapa teknik untuk penganggaran modal, tetapi banyak usaha kecil bergantung pada teknik paling sederhana, yang disebut periode pengembalian, yang hanya mengukur waktu yang dibutuhkan untuk investasi untuk mengembalikan nilainya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Anggaran

"anggaran/ang·gar·an/"

Selengkapnya

Anggaran Fleksible

/ang·gar·an/ /flek·si·bel/

Selengkapnya

Manajemen

"n Man penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo