• Produk
  • Promo
  • Artikel

Anggaran Fleksible

/ang·gar·an/ /flek·si·bel/

“Anggaran yang dapat menampung perubahan perkiraan dan pengeluaran; hal tersebut menunjukkan bahwa berbagai jenis biaya berbeda terhadap tingkat produksi atau jumlah penjualan yang berbeda (flexible budget)”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Anggaran Fleksibel ?

Anggaran fleksibel adalah anggaran yang menyesuaikan atau menyesuaikan dengan perubahan volume atau aktivitas. Anggaran fleksibel lebih canggih dan bermanfaat daripada anggaran statis. (Jumlah anggaran statis tidak berubah. Jumlahnya tidak berubah dari jumlah yang ditetapkan pada saat anggaran statis disiapkan dan disetujui.)

Untuk biaya yang bervariasi dengan volume atau aktivitas, anggaran fleksibel akan fleksibel karena anggaran akan mencakup tingkat variabel per unit kegiatan alih-alih satu jumlah total tetap. Lebih mudahnya, anggaran fleksibel adalah alat yang lebih berguna ketika mengukur efisiensi manajer.

Tujuan dari Anggaran Fleksibel

Anggaran fleksibel juga dapat digunakan setelah periode akuntansi untuk mengevaluasi area yang berhasil dan area yang tidak berhasil pada kinerja periode terakhir. Manajemen dengan cermat membandingkan angka yang dianggarkan dengan statistik kinerja aktual untuk melihat di mana perusahaan meningkat dan di mana perusahaan membutuhkan lebih banyak perbaikan.

Anggaran fleksibel juga menghitung, misalnya, berbagai tingkat pengeluaran untuk biaya variabel. Tingkat ini bervariasi tergantung pada perubahan pendapatan. Selanjutnya, anggaran bervariasi, tergantung pada tingkat aktivitas yang dialami perusahaan.

Fungsi Anggaran Fleksibel

Anggaran yang fleksibel biasanya dirancang untuk memprediksi dampak perubahan volume dan bagaimana hal itu mempengaruhi pendapatan dan pengeluaran. Untuk memprediksi perubahan biaya secara akurat, manajemen harus mengidentifikasi biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap akan konstan dalam kisaran operasi yang relevan di mana biaya variabel akan terus meningkat seiring peningkatan produksi. Biaya variabel biasanya ditunjukkan dalam anggaran sebagai persentase dari total pendapatan atau tingkat konstan per unit yang diproduksi.

Karakteristik Anggaran Fleksibel

  • Ditujukan ke arah aktivitas keseluruhan yang berada dalam range relevan daripada hanya ditujukan ke arah satu tingkat aktivitas.
  • Memiliki sifat dinamis daripada statis. Anggaran fleksibel dapat disesuaikan dengan tingkat aktivitas apa pun yang berada dalam range relevan, sekalipun periode sudah berlalu.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Anggaran

"anggaran/ang·gar·an/"

Selengkapnya

Manajemen

"n Man penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran."

Selengkapnya

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo