Angel Investor

Definisi Angel Investor

Angel Investor adalah individu dengan kekayaan bersih tinggi yang memberikan bantuan finansial untuk perusahaan rintisan kecil atau pengusaha, biasanya dengan imbalan ekuitas kepemilikan di perusahaan.

Apa itu Angel Investor?

Angel Investor bisa dimengerti sebagai individu yang berinvestasi kepada perusahaan kecil yang baru dirintis. Tidak seperti investor lainnya, Angel Investor menggunakan uangnya sendiri dalam mendanai perusahaan tersebut. Jenis investasi ini memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan investasi kepada perusahaan yang telah berdiri tetap atau Venture Capital.

promo
promo
promo
promo
promo
promo

Keuntungan Angel Investor

• Tidak ada obligasi: Pemilik bisnis tidak perlu membayar kembali penyandang dana malaikat jika perusahaan mengalami kerugian karena ketiadaan jalur kredit dan sebagian besar investasi malaikat berupa kesepakatan ekuitas

• Angel Investor juga merupakan pengusaha: Selain memberikan dana, biasanya Angel Investor memiliki pengetahuan serta pengalaman sebagai pengusaha sehingga dapat memberikan bimbingan dalam menjalani bisnis.

• Kurangnya pekerjaan administratif: Organisasi yang mengumpulkan pembiayaan dari malaikat bebas dari pengajuan investasi yang memberatkan.

• Lebih banyak dana: Umumnya, Angel Investor berinvestasi dalam jangka panjang sehingga besar kemungkinan untuk mendapatkan dana tambahan

Kerugian Angel Investor

• Kurang kontrol: Perusahaan Angel Investor mungkin perlu menyerahkan sejumlah ekuitas dalam bisnis mereka. Meskipun itu biasanya jumlah yang kecil, Angel Investor tetap menginginkan kuasa yang cukup besar dalam mengambil keputusan untuk perusahaan.

• Biaya lebih besar: Angel investor membutuhkan kompensasi untuk pendanaan mereka dalam bentuk ekuitas, yang bisa lebih mahal daripada pembiayaan utang

• Investor pemula: Terdapat potensi dalam menerima Angel Investor yang tidak berpengalaman yang menawarkan nasihat buruk serta menuntut pembaruan status perusahaan kepada pemilik bisnis.


promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍