• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Analisis Teknik

/ana·li·sis/ /tek·nik/

“Perkiraan pergerakan harga dengan melakukan analisis atas volume perdagangan, penawaran dan permintaan, kecenderungan pasar jangka pendek atau jangka panjang, dan faktor lain yang mempengaruhinya (technical analysis).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Analisis Teknik ?

Analisis Teknik adalah perkiraan pergerakan harga dengan melakukan analisis atas volume perdagangan, penawaran dan permintaan, kecenderungan pasar jangka pendek atau jangka panjang, dan faktor lain yang mempengaruhinya.

Analisis teknik merupakan disiplin perdagangan yang digunakan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi peluang investasi perdagangan dalam tren dan pola harga yang terlihat pada grafik. Analis teknis percaya bahwa aktivitas dan perubahan harga dari indikator keamanan dari pergerakan harga di masa depan. Analisis teknik dapat digunakan pada keamanan apapun dengan data perdagangan historis. Ini termasuk saham, futures, komoditas, pendapatan tetap, mata uang, dan sekuritas lainnya. 

Analisis Teknis mempunyai 3 asumsi utama yaitu :

  1. Pasar menyediakan Diskon: Banyak ahli mengkritik analisis teknis karena hanya mempertimbangkan pergerakan harga dan mengabaikan faktor fundamental. Analis teknis percaya bahwa segala sesuatu mulai dari fundamental perusahaan hingga faktor pasar luas hingga psikologi pasar sudah dihargai dalam saham.
  2. Harga bergerak mengikuti tren: Analis teknis percaya bahwa harga bergerak dalam tren jangka pendek, menengah, dan panjang.
  3. Sejarah terjadi secara berulang: Analis teknis mempercayai bahwa sejarah cenderung berulang. Sifat berulang dari pergerakan harga sering dikaitkan dengan psikologi pasar, yang cenderung sangat dapat diprediksi berdasarkan emosi seperti ketakutan atau kegembiraan.

Cara Menggunakan Analisis Teknis 

Analisis teknis mencoba untuk memperkirakan pergerakan harga dari hampir semua instrumen yang dapat diperdagangkan di pasaran yang umumnya tunduk pada kekuatan penawaran dan permintaan, termasuk saham, obligasi, futures dan pasangan mata uang. Bahkan, beberapa orang melihat analisis teknis hanya sebagai studi tentang kekuatan penawaran dan permintaan sebagaimana tercermin dalam pergerakan harga pasar suatu sekuritas. Analisis teknis paling umum berlaku untuk perubahan harga, tetapi beberapa analis melacak nomor selain harga saja, seperti volume perdagangan atau angka bunga terbuka.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Analisis Rasio

/ana·li·sis/ /ra·sio/

Selengkapnya

Analisis Marginal

“Analisis informasi ekonomi dengan cara menguji hasil nilai tambah ketika suatu variabel meningkat akibat meningkatnya variabel lain.”

Selengkapnya

Analisis Likuiditas

“analisis atas laporan keuangan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendeknya (liquidity analysis).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo