• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Analisis Nisbah

“analisis untuk menilai kinerja bank dengan menggunakan rasio keuangan dan rasio lain, antara lain meliputi rasio permodalan, kualitas aktiva produktif, rentabilitas, likuiditas, dan manajemen; sin. analisis nisbah”

Otoritas Jasa Keuangan

“analisis rasio (ratio analysis)”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Analisis Nisbah ?

Analisis Nisbah adalah proses pengamatan indeks yang berhubungan dengan akuntansi pada laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas dengan tujuan untuk menilai kinerja keuangan suatu perusahaan. Analisis ini digunakan untuk  memberikan gambaran informasi mengenai posisi keuangan dan kinerja perusahaan yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam mengambil keputusan bisnis.

Analisis rasio keuangan digunakan oleh dua pengguna utama, yakni investor dan manajemen. Investor menggunakan rasio keuangan untuk melihat apakah perusahaan itu investasi yang bagus atau tidak. Dengan membandingkan rasio keuangan antar perusahaan dan antar industri, investor dapat menentukan investasi mana yang paling baik. Sedangkan manajemen menggunakan rasio keuangan untuk menentukan seberapa baik kinerja perusahaan untuk mengevaluasi kemana perusahaan dapat memperbaiki diri. 

Fungsi Analisis Rasio

Untuk lebih mengerti fungsi dari analisa rasio keuangan perusahaan Anda akan diperkenalkan jenis-jenis rasio keuangan. Budi Raharjo dalam buku Keuangan Dan Akuntansi (2007 : 104) mengelompokkan rasio keuangan perusahaan menjadi lima, yaitu:

  1. Rasio Likuiditas (Liquidity Ratio)
    Rasio likuiditas adalah rasio yang mengukur kemampuan likuiditas jangka pendek suatu perusahaan dengan melihat aktiva lancar perusahaan relatif terhadap hutang lancarnya. 

  2. Rasio Perputaran Persediaan (Inventory turnover ratio)
    Rasio perputaran persediaan mengukur aktivitas atau likuiditas perusahaan dilihat dari ketersediaan barang. Rasio ini menunjukkan efisiensi di mana perusahaan menggunakan seluruh aktivanya untuk menghasilkan penjualan.

  3. Rasio Aktivitas (Activity Ratio)
    Rasio aktivitas menunjukkan tingkat efektivitas penggunaan aktiva atau kekayaan perusahaan kepada Anda.

  4. Rasio Profitabilitas dan Rentabilitas (Profitability Ratio)
    Merupakan rasio yang menunjukkan tingkat imbalan atau perolehan (keuntungan) dibanding penjualan atau aktiva.

  5. Rasio Investasi (Investment Ratio)
    Rasio investasi merupakan rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam memberikan kembalian atau imbalan kepada para pemberi dana, khususnya investor yang ada di pasar modal dalam jangka waktu tertentu. Rasio tersebut memiliki nilai manfaat bagi para investor sesuai fungsi laporan keuangan bagi investor untuk menilai kinerja sekuritas saham di pasar modal.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Analisis Rasio

/ana·li·sis/ /ra·sio/

Selengkapnya

Analisis Marginal

“Analisis informasi ekonomi dengan cara menguji hasil nilai tambah ketika suatu variabel meningkat akibat meningkatnya variabel lain.”

Selengkapnya

Analisis Teknik

/ana·li·sis/ /tek·nik/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo