Analisis Kredit

Definisi Analisis Kredit

“Orang yang menganalisis permohonan kredit dari berbagai aspek yang terkait untuk menilai kelayakan usaha yang akan dibiayai dengan kredit; analisis tersebut meliputi, antara lain, aspek hukum, lingkungan, keuangan, pemasaran, produksi, manajemen, ekonomi, dan tersedianya jaminan yang cukup.”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Analis Kredit?

Analis kredit adalah seseorang yang bertugas untuk menganalisis data pinjaman dan penyataan keuangan perorangan atau perusahaan, untuk menentukan tingkat risiko mereka, yang berkaitan dengan perpanjangan kredit atau peminjaman uang. Seorang analis kredit juga menyiapkan laporan dengan informasi kredit untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo

Tugas dari Seorang Analis Kredit

  1. Menganalisis data pinjaman dan penyataan keuangan perorangan atau perusahaan, untuk menentukan tingkat resiko mereka, yang berkaitan dengan perpanjangan kredit atau peminjaman uang.
  2. Membuat perbandingan keuangan menggunakan program komputer, untuk mengevaluasi keadaan keuangan klien.
  3. Berkonsultasi dengan klien untuk memberikan solusi keluhan mereka, dan memeriksa transaksi keuangan dan kredit mereka.
  4. Menyiapkan laporan yang isinya termasuk tingkat resiko yang berkaitan dengan perpanjangan kredit atau peminjaman uang.
  5. Membandingkan catatan likuiditas, profitabilitas, dan kredit suatu organisasi yang sedang dievaluasi, dengan organisasi serupa dalam industri dan lokasi geografis yang sama.

Pertimbangan yang Dilakukan Seorang Analisis Kredit

  1. Keamanan kredit (safety), yaitu harus benar-benar diyakini bahwa kredit tersebut bisa dilunasi kembali.
  2. Terarahnya tujuan penggunaan kredit (suitability), adalah kredit akan digunakan untuk tujuan yang pejalan dengan kepentingan masyarakat/sekurang-kurangnya tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku.
  3. Menguntungkan (profitable), baik itu bagi bank berupa penghasilan bunga maupun bagi nasabah, yaitu berupa keuntungan dan makin berkembangnya usaha.

Fungsi Analisis Kredit

  1. Sebagai dasar bagi bank dalam menentukan tingkat suku bunga kredit dan jaminan yang disyaratkan untuk dipenuhi nasabah,
  2. Sarana untuk pengendalian resiko yang akan dihadapi bank,
  3. Syarat kredit dan sarana untuk struktur, jumlah kredit, jangka waktu kredit, sifa kredit, tujuan kredit, dan sebagainya,
  4. Sebagai bahan pertimbangan pimpinan/direksi bank dalam proses pengambilan keputusan,
  5. Sebagai alat informasi yang diperlukan untuk evaluasi kredit.

promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍