• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Analisis Kinerja

“Analisis untuk menilai tingkat keberhasilan bank pada periode tertentu berdasarkan rencana kerja, laporan realisasi rencana kerja, dan laporan berkala bank; aspek yang dinilai terutama meliputi modal (capital), aset (assets), manajemen (management), hasil (earning), dan likuiditas (liquidity), disingkat CAMEL, kepatuhan terhadap ketentuan, dan aspek lain; di Indonesia analisis kinerja bank pada dasarnya dilakukan oleh Bank Indonesia sebagai bank sentral; analisis kinerja juga dapat dilakukan oleh pihak lain untuk berbagai tujuan.”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Analisis Kinerja?

Analisis kinerja adalah sebuah proses penilaian secara sistematis mengenai kinerja atau job performance dari seseorang maupun suatu organisasi. Tujuan dari diadakannya analisis kinerja adalah untuk mengukur keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program untuk kemudian diperbaiki atau ditingkatkan demi tercapainya visi atau misi tertentu.

Macam-Macam Proses dari Analisis Kinerja

  1. Proses Produksi: Proses Produksi adalah serangkaian langkah kegiatan yang dilakukan secara teratur untuk menghasilkan suatu produk yang bersifat nyata. Untuk menghasilkan suatu produk (barang/jasa) pasti membutuhkan suatu proses produksi.
  2. Proses Administrasi/Manajemen: Proses administrasi/manajemen adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara teratur dan berakhir pada suatu produk yang tidak nyata seperti keputusan atau kebijakan.

Unsur-Unsur yang Diperhatikan dalam Analisis Kinerja

  1. Penilaian kinerja karyawan harus diukur dan dikomparasikan sesuai dengan target dan standar yang telah ditetapkan.
  2. Pemberian reward bagi karyawan yang memberikan kontribusi lebih.
  3. Menganalisa dan mengidentifikasi kebutuhan karyawan akan training pengembangan baik di waktu sekarang maupun di masa datang.
  4. Penentuan target dan standar untuk waktu yang akan datang.

Pada umumnya unsur penilaian kinerja tersebut tidak hanya berlaku untuk karyawan. Contoh penilaian kinerja yang lain adalah penilaian kinerja guru pada lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pengajar. Sehingga unsur-unsur tersebut dalam arti luas dapat diterapkan pada lembaga apapun selain perusahaan nirlaba maupun organisasi pemerintah.

Tujuan Adanya Analisis Kinerja

  • Melakukan peninjauan terhadap kinerja karyawan di masa lalu.
  • Mendapatkan data yang sesuai fakta dan sistematis dalam menetapkan nilai dari suatu pekerjaan.
  • Mengidentifikasi kemampuan organisasi dan menganalisa kemampuan karyawan secara individual.
  • Menyusun sasaran di masa mendatang.
  • Melihat prestasi dari kinerja karyawan secara realistis.
  • Mendapatkan keadilan dalam sistem pemberian upah dan gaji yang diterapkan di dalam organisasi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Analis Sistem Komputer

“Seseorang yang ahli dalam mengembangkan sistem untuk penyelesaian masalah bidang komputer.”

Selengkapnya

Analisis Marginal

“Analisis informasi ekonomi dengan cara menguji hasil nilai tambah ketika suatu variabel meningkat akibat meningkatnya variabel lain.”

Selengkapnya

Audit Internal

"Audit yang dilakukan oleh auditor internal untuk memastikan tidak terjadi manipulasi, tugas serta tanggung jawab pengurus dan komisaris telah dilaksanakan dengan baik (internal audit)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo