• Produk
  • Promo
  • Artikel

Analisa Teknis

Apa Itu Analisis Teknis?

Analisis teknis adalah disiplin perdagangan yang digunakan untuk mengevaluasi investasi dan mengidentifikasi peluang perdagangan dengan menganalisis tren statistik yang dikumpulkan dari aktivitas perdagangan, seperti pergerakan harga dan volume.

Tidak seperti analisis fundamental, yang mencoba untuk mengevaluasi nilai keamanan berdasarkan hasil bisnis seperti penjualan dan pendapatan, analisis teknis berfokus pada studi harga dan volume. Alat analisis teknis digunakan untuk meneliti cara penawaran dan permintaan keamanan akan mempengaruhi perubahan harga, volume dan volatilitas tersirat. Analisis teknis sering digunakan untuk menghasilkan sinyal perdagangan jangka pendek dari berbagai alat charting, tetapi juga dapat membantu meningkatkan evaluasi kekuatan atau kelemahan keamanan relatif terhadap pasar yang lebih luas atau salah satu sektornya. Informasi ini membantu analis meningkatkan estimasi penilaian keseluruhan di sana.

Analisis teknis dapat digunakan pada keamanan apapun dengan data perdagangan historis. Ini termasuk saham, futures, komoditas, pendapatan tetap, mata uang, dan sekuritas lainnya. Dalam tutorial ini, kami biasanya akan menganalisis stok dalam contoh kami, tetapi perlu diingat bahwa konsep ini dapat diterapkan untuk semua jenis keamanan. Bahkan, analisis teknis jauh lebih lazim di pasar komoditas dan valas di mana pedagang fokus pada pergerakan harga jangka pendek.

 

Dasar Analisis Teknis

Analisis teknis seperti yang kita kenal hari ini pertama kali diperkenalkan oleh Charles Dow dan Teori Dow pada akhir 1800-an.Beberapa peneliti terkemuka termasuk William P. Hamilton, Robert Rhea, Edson Gould, dan John Magee lebih lanjut berkontribusi pada konsep Teori Dow yang membantu membentuk basisnya. Di zaman modern, analisis teknis telah berkembang untuk memasukkan ratusan pola dan sinyal yang dikembangkan melalui penelitian bertahun-tahun.

Analisis teknis beroperasi dari asumsi bahwa aktivitas perdagangan masa lalu dan perubahan harga sekuritas dapat menjadi indikator berharga dari pergerakan harga sekuritas masa depan ketika dipasangkan dengan investasi atau aturan perdagangan yang tepat. Analis profesional sering menggunakan analisis teknis dalam hubungannya dengan bentuk penelitian lain. Pedagang ritel dapat membuat keputusan hanya berdasarkan grafik harga sekuritas dan statistik serupa, tetapi mempraktikkan analis ekuitas jarang membatasi penelitian mereka hanya pada analisis fundamental atau teknis saja.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Mata Uang

"Uang dari logam."

Selengkapnya

Neraca Perdagangan

Ikhtisar yang menunjukkan selisih antara nilai transaksi ekspor dan impor suatu negara dalam jangka waktu tertentu (balance of trade).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo